Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil obesrvasi yang dilakukan disekolah, perangkat pembelajaran yang digunakan guru belum tersusun dengan baik dan belum menggunakan instrumen penilaian yang sesuai dengan model pembelajran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model debat aktif pada materi pemanasan global untuk kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan model  Sugiyono Level 1. Adapun tahapan-tahapan yaitu potensi dan masalah, studi literatur dan pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain dan perbaikan desain. Validasi produk dilakukan oleh 3 ahli yang ditinjau dari 3 aspek yaitu  aspek penyajian, aspek isi  dan aspek kebahasaan. Berdasarkan hasil uji validasi aspek penyajian didapatkan persentase sebesar 75,5%  dengan kategori valid, aspek isi didapatkan persentase sebesar 81,6% dengan kategori sangat valid, aspek kebahasaan didapatkan persentase sebesar 83,3% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model debat aktif pada materi pemanasan global untuk kelas XI SMA yang dihasilkan sudah valid/layak untuk diujicobakan dengan persentase rata-rata sebesar 80,13%.

Kata kunci : Perangkat Pembelajaran, Debat Aktif, Berpikir Kritis, Berargumentasi

 

ABSTRACT

 

Based on the results of observation carried out in school, the learning tools used by teachers were not well structured and did not use assessment instruments that are in accordance with the learning model used. This study aimd to produced an active debate model of learning tools on the subject of global warming for high school class XI. This research used research and development method with Sugiyono Level 1 model. The stages were potential and problems, literature study and information gathering, product design, design validation and design improvement. Product validation was carried out by 3 experts reviewed from 3 aspects namely presentation, content and linguistic aspects. Based on the results of the validation test of the presentation aspect obtained a percentage of 75.5% with a valid category, the content aspect obtained a percentage of 81.6% with a very valid category, the linguistic aspect obtained a percentage of 83.3% with a very valid category. Based on these results, it can be concluded that the active debate model of learning tools on the matter of global warming for high school class XI produced is valid / feasible to be tested with an average percentage of 80.13%.
Keywords : Learning Tools, Active Debate, Critical Thinking, Arguing

Article Details

How to Cite
Deka, O. A., Nirwana, N., & Rohadi, N. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DEBAT AKTIF PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA KELAS XI SMA. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.33369/diksains.1.1.10-17

References

  1. Bettelheim, Bruno. 1980. A psicanalise dos contos de fadas. Tradução Arlene Caetano: 466.
  2. Centre, Physical Sciences. 2005. Physical Sciences Educational Reviews.
  3. Chodijah, Siti, Ahmad Fauzi, and Ratna Wulan. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1: 1–19.
  4. ..... 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. UPEJ (Unnes Physics Education Journal) 3(2).
  5. Diani, Rahma. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 4(2): 243.
  6. Fauziyah, Salamah. 2019. Pembelajaran Model Inquiry Training Berbantu Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas Xi Sma Negeri 7 Cirebon. 4(1): 101–14.
  7. Firdauzi, Fadlilah Siti, Rahma Widiantie, and Handayani Handayani. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Metode Debat Terhadap Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan dan Biologi 11(1): 51.
  8. Herayanti, Lovy, Muhammad Fuaddunnazmi, and Habibi Habibi. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Moodle. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3(2): 197.
  9. Ginanjar, Anton. 2010. Pengembangan media pembelajaran modul interaktif mata kuliah pemindahan tanah mekanik.
  10. Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Nizmania Learning Center Inovasi Model. Yogyakarta.
  11. Purwono, Joni, Sri Yutmini, and Sri Anitah. 2014. Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1. Jurnal teknologi pendidikan dan pembelajaran.
  12. Zahara, Laxmi. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Debat Dan Diskusi Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berkomunikasi. Kappa Journal 3(2): 118–25.