Main Article Content

Abstract

The purpose of this study is to see the effect of the use of Computer-Based Information System for Employees’ Job Satisfaction and Quality of Work. Independent variables used in this study is Computer Based Information Systems. For the dependent variables used in this study is Employees’ Job Satisfaction and Quality of Work. The data in this study are primary data obtained from questionnaires spread directly to the employees who work at the Bureau of Finance Management of Bengkulu Province Secretariat. Questionnaire data that can be processed were from 48 respondents that considered to represent the population of employees who work at the Bureau of Finance Management. The test of data in this study used multiple linear regression analysis with SPSS 16. The results in this study indicate two different conclusions, the first stating that the use of computer-based information system did not affect the Quality of Work of employees, while the latter results suggest that the use of computer-based information systems had a positive and significant effect on Job Satisfaction of employees in the Bureau of Finance Management of Bengkulu Province Secretariat.

Keywords

Computer-Based Information Systems Job Satisfaction Quality of Work

Article Details

How to Cite
Abdullah, A., & Kurniawan, A. (2021). ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER TERHADAP KUALITAS KERJA DAN KEPUASAN KERJA PEGAWAI ( STUDI PADA BIRO PENGELOLAAN KEUANGAN SEKDA PROVINSI BENGKULU). JURNAL FAIRNESS, 4(1), 83–96. https://doi.org/10.33369/fairness.v4i1.15302

References

  1. A. A. Anwar Mangkunegoro, 2000, Manajemen Sumberdaya Manusia, PT Remaja Rosdakarya,
  2. Bandung.
  3. Andhika, Wisnu. 2007. Pengaruh Persepsi Karyawan tentang Implementasi Sistem Informasi
  4. Berbasis Komputer terhadap Kinerja. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.
  5. Anonim. 2012. Sistem Informasi. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi. Diakses tanggal 12
  6. Februari 2012.
  7. Cokroaminoto. 2007. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Individu.
  8. www.cokroaminoto.wordpress.com. Diakses tanggal 14 Februari 2012.
  9. Fajrin, Djohan. 2008. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen (SIM) Berbasis Komputer Terhadap
  10. Kinerja Karyawan Pada PT. Golden Gate Mandiri.
  11. Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit
  12. Universitas Diponegoro. Semarang.
  13. Handayani, Rini. 2007. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi MinatPemanfaatan Sistem
  14. Informasi dan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur di
  15. Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.
  16. Hartati, Dwi. Menulis Daftar Pustaka, [pdf], (http://oke.or.id,diakses tanggal 17 September 2008).
  17. Hasibuan, S. P, Melayu, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, cetakan kesepuluh, Penerbit Bumi
  18. Aksara, Jakarta.
  19. Indriantoro, N., Supomo, B. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi Pertama.BPFE. Yogyakarta.
  20. Jogiyanto, 2000. Sistem Informasi Berbasis Komputer. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.
  21. Jumaili, Salman. 2005. Kepercayaan terhadap Teknologi Sistem Informasi Baru dalam Evaluasi
  22. Kinerja Individual. Simposium Nasional Akuntansi VIII.Solo.
  23. Jurnali. 2002., ”Analisis Pengaruh Faktor Kesesuaian Tugas-Teknologi dan Pemanfaatan Teknologi
  24. Informasi Terhadap Kinerja Akuntan Publik.”Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
  25. Jurniati. And Evelyne, 2003, Hubungan Karakteristik Informasi Yang Dihasilkan Oleh Sistem
  26. Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Kepala biroial Pada Instansi pemerintahanInstansi pemerintahan Manufaktur Di Jawa Timur, [pdf],
  27. (http://puslit.petra.ac.id/journals/accounting/, diakses tanggal 09 Maret 2012).
  28. Latifah, Lyna, Arifin Sabeni. 2007. Faktor Keprilakuan Organisasi dalam Implementasi Sistem
  29. Akuntansi Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jawa
  30. Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta). SNA X. Makasar.
  31. Lau, Elfreda Aplonia, 2004, Pengaruh Partisipasi Pemakai Terhadap Kepuasan dalam
  32. Pengembangan Sistem Informasi dengan Lima Variabel Moderating, Jurnal Riset Akuntansi
  33. Indonesia. Vol.7, No.1 Januari, hal 23-43.
  34. Matutina, 2001. Manajemen Sumber daya Manusia, cetakan kedua, Gramedia Widia Sarana
  35. Indonesia, Jakarta.
  36. Mudjiati, Johanna. 2008. Studi Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Terhadap Kinerja Karyawan
  37. Fakultas Ekonomi Universitas Dipenogoro Semarang.Tesis. Program Pascasarjana. Universitas
  38. Dipenogoro. Semarang.
  39. Nurcahyadi. 2006. Pengaruh Teknologi Sistem Informasi terhadap Kinerja Individu dengan
  40. Kepercayaan sebagai Moderating Variable. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.
  41. Sari, Juwita, 2009, Analisis Pengembangan Karyawan Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pada
  42. PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Medan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas
  43. Sumatera Utara. Medan.
  44. Mangkunegara, A.P. 2002. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. ROSDA. Bandung.
  45. Marwanto (2007). Pengaruh Pemikiran Moral, Tingkat Idealisme, Tingkat Relativisme, dan Locus of
  46. Control terhadap Sensitivitas, Pertimbangan, Motivasi dan Karakter Mahasiswa Akuntansi. Tesis
  47. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Tidak dipublikasikan.
  48. Mulyadi dan Johny Setiawan. 1999. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Aditya
  49. Media. Yogyakarta.
  50. Nurcahyadi. 2006. Pengaruh Teknologi Sistem Informasi terhadap Kinerja Individu dengan
  51. Kepercayaan sebagai Moderating Variable. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang.
  52. Republik Indonesia 2006, Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 tentang Pedoman
  53. Pengelolaan Keuangan Daerah. 2006. Fokusmedia. Bandung.
  54. -------------------------, 2005, Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan
  55. Daerah.
  56. Radiyto, D dan Zulaikha, 2007. “Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan
  57. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen (Kajian Sebuah Kasus)”, Simposium Nasional
  58. Akuntansi X.
  59. Riyanto, Agus. 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
  60. Sampara, Lukman, 1999, Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA LAN, Jakarta.
  61. Sari, Juwita, 2009, Analisis Pengembangan Karyawan Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pada
  62. PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Medan.
  63. Siagian, Sondang P., Sistem Informasi Manajemen, 2002, Sinar Grafika Offset, Jakarta.
  64. Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung:Alfabeta.
  65. ________. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.
  66. Wahyusumidjo. 1994. Kepemimpinan dan Motivasi. Ghalia Indonesia. Jakarta.
  67. Willson and Heyyel. 1987. Hand Book Of Modern Office Management and Administration Service.
  68. Mc Graw Hill Inc. New Jersey.
  69. Winarko, E. Penulisan Sitasi pada Karya Ilmiah, [pdf],
  70. (http://ewinarko.staff.ugm.ac.id/metopen/modul6-daftarpustaka.pdf, diakses tanggal 12 Februari
  71. ).
  72. Wungu & Brotoharjo.2003. Tingkatkan Kinerja Perusahaan Anda Dengan Merit Sistem. Jakarta:
  73. Raja Grafindo Pustaka.