Aplikasi Lattice Gas Automata untuk Mengestimasi Porositas dan Permeabilitas Retakan di Halaman Mesjid Sunda Kelapa Pondok Kelapa Bengkulu Tengah

Halauddin Halauddin(1),
(1) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan porositas (f) dan permeabilitas (k) terbesar dan terkecil dari delapan retakan yang bervariasi di halaman Mesjid Sunda Kelapa Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Perhitungan porositas dan permeabilitas dilakukan dengan menggunakan model Lattice Gas Automata (LGA) yang diimplementasikan dengan bahasa program Delphi 7.0. Dari hasil data perhitungan, diperoleh bahwa retakan yang mempunyai permeabilitas sangat besar diperoleh pada Retakan 1 dengan nilai k = 0,142203880096761 piksel2, dan porositas total untuk Retakan 1 diperoleh sebesar 0,0518810. Sedangkan retakan yang mempunyai permeabilitas sangat kecil diperoleh pada Retakan 6 dengan nilai k=0,0072498776126890 piksel2, dan porositas total untuk Retakan 6 diperoleh sebesar 0,0106255.

Simulasi aliran fluida pada saat running data untuk porositas kecil menyebabkan tumbukan aliran fluida model LGA semakin sering terjadi, dengan demikian menyebabkan permeabilitas menurun. Sebaliknya, porositas besar menyebabkan tumbukan aliran fluida model LGA semakin sedikit terjadi, dengan demikian menyebabkan permeabilitas semakin meningkat.


Full Text:

PDF

Article Metrics

 Abstract Views : 27 times
 PDF Downloaded : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Gradien Indexed by :

Tidak ada teks alternatif otomatis yang tersedia.Find in a library with WorldCat