Gradien

AUTHOR GUIDELINES

  1. Jurnal  Gradien adalah Jurnal Ilmiah bidang MIPA meliputi artikel ilmiah hasil-hasil penelitian, yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Januari dan Juli. Makalah yang dikirim hendaknya makalah yang belum pernah dipublikasikan atau tidak dalam proses penerbitan dalam publikasi ilmiah lainnya.
  2. Makalah yang hendak diterbitkan di jurnal Gradien ini dikirimkan ke alamat redaksi:
    FMIPA Universitas Bengkulu Gedung Dekanat FMIPA Univ. Bengkulu, Jl. W.R. Supratman 38371  Telp 0736-20919 Bengkulu, e-mail: hendraunib@gmail.com, eka.angasa@gmail.com (ejournal.unib.ac.id)  
  3. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (210 x 297 mm) dengan spasi double (rangkap) untuk keseluruhan naskah (termasuk abstrak, tabel dan daftar pustaka). Lebar ke empat margin masing-masing 2.5 cm.
  4. Naskah terdiri dari judul, abstrak dan kata kunci maksimum 5 kata. Judul sebaiknya tidak lebih dari 15 kata. Di bawah judul dicantumkan nama penulis beserta nama lembaga tempat penulis bekerja serta alamat email atau nomor telepon untuk koresponden bagi penulis utama.  Abstrak berisi kurang lebih 200 kata, secara ringkas memaparkan tujuan, metode hasil penelitian dan kesimpulan.
  5. Tubuh makalah berupa hasil penelitian terdiri dari pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan (dan saran) serta daftar pustaka. Untuk penelitian teoritis, format disesuaikan dengan format teoritis
  6. Rujukan pustaka diberi nomor urut dengan angka arab dan dirujuk dengan mencantumkan nomor sebagai superskrip. Penomoran pustaka sesuai dengan urutan perujukan untuk pertama kali dalam naskah. Contoh-contoh penulisan pustaka:

Buku:

Alexopoulus, C.J., C.W. Mims and M. Blackwell, 1996, Introductory Mycology 4th Ed., John Wiley & Sons, Inc. New York. 869 p.

Artikel dalam buku:

Zambie, D.B. and S.J. Lippard, 1999, The Response of Cellular Proteins to Cisplatin-Damaged DNA, in Cisplatin: Chemistry and Biochemistry of a Leading Anticancer Drug (Ed B. Lippert), Wiley-VCH, Zurich, pp. 73-110.

Artikel dalam majalah, jurnal atau prosiding:

Hadi, S.; T.G. Appleton and G.A. Ayoko, , 2003,  Reactions of fac-[PtMe2(Ome)(H2O)3]+ with halide ions: effect of halide trans effect on methoxide hydrolysisInorg. Chim. Acta, 352: 201-207

Penulisan jenis pustaka yang lain disesuaikan dengan diatas.

  1. Makalah dikirim ke alamat redaksi dalam bentuk Microsoft Word. Panjang makalah maksimum 8 halaman, lengkap dengan tabel dan gambar. Tabel dibuat dengan bentuk terbuka dan diberi judul diatasnya yang menggambarkan isi tabel. Gambar diberi keterangan yang jelas. Besar gambar tidak melebihi ukuran kertas A4.
  2. Makalah yang sudah ditelaah oleh Dewan Penyunting akan dikembalikan kepada penulis untuk diperbaiki dan sudah harus diterima kembali oleh redaksi selambat-lambatnya dua minggu sejak tanggal pengembaliannya kepada penulis.
  3. Makalah yang telah siap diterbitkan dikenakan biaya cetak sebesar Rp. 250.000 (seratus lima puluh ribu rupiah) untuk 8 halaman pertama dan ditambah Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu) perhalaman berikutnya