Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kepala sekolah dan guru terhadap kompetensi guru PJOK di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Penelitian yang dilakukan di Kecamatan Arga Makmur  menunjukkan hasil rata-rata dari angket sebagai berikut. Kompetensi kepribadian kepala sekolah dalam kriteria baik dengan presentase (73.9%), dan guru dalam kriteria sangat baik dengan presentase (82.7%). Kompetensi sosial kepala sekolah delam kriteria baik dengan presentase (71%), dan guru dalam kriteria sangat baik dengan presentase (82.6). Kompetensi pedagogic kepala sekolah dalam kriteria baik dengan presentase (69.2%), dan guru dalam kriteria sangat baik dengan presentase (82.7%), dan untuk kompetensi profesional kepala sekolah dalam kriteria (68%), dan guru dalam kategori sangat baik dengan presentase (83.8%)

Keywords

Guru PJOK Kepala Sekolah Kompetensi Guru

Article Details

How to Cite
Saputra, B. S., Syafrial, S., & Raibowo, S. (2021). Persepsi Kepala Sekolah dan Guru Terhadap Kompetensi Guru PJOK Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Arga Makmur. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 70–78. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14774

References

  1. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2020). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
  2. Raibowo, S, & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
  3. Permadi Aripin. (2013) Tentang Kompetensi Kepribadian, Bandung: Nuansa Aula
  4. Pujianto Dian, Dkk. (2017) Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Jasmani. Jln. W.R. Supratman Kandang Limun Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu, Universitas Bengkulu
  5. Gunawan & Imam. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktek. Jakarta : PT. Bumi Askara
  6. Sabirin. (2012). Perencanaan Kepala Sekolah tentang pembelajaran. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 111-128.
  7. Suharsimi, Arikunto. (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Jakarta : Bumi Aksara.
  8. Sukmadinata. (2016). Tentang Kompetensi Sosial, Bandung: Remaja Rosdakarya
  9. Sunarto. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal analisis menejemen, 17-29.
  10. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.