Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis penerapan media pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran penjasorkes siswa kelas XI SMA Negeri 1 kepahiang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepahiang perwakilan 11 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan, kuisioner, dokumentasi, wawancara. Penggunaan media pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Kepahiang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis Penggunaan media pembelajaran daring pada mata pelajaran penjasorkes SMAN 1 Kepahiang menerapkan pembelajaran daring melalui platform whatsapp, google class room, dan zoom, serta menggunakan perangkat HP, laptop dan komputer. Kelebihan dan kekurangan media pembelajaran daring pada mata pelajaran penjasorkes antaralain platform (WhatsApp, google clasroom, zoom dll) mudah diakses bagi siswa, tetapi sebagian siswa keterbatasan akses internet, interaksi siswa dengan pengajar menjadi berkurang, ada beberapa siswa merasa pengawasan orang tua dalam belajar sangat kurang.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Creswell, J.W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hartley, J. (2010).Communication,Culture, and Media Studies: Konsep Kunci. Yogyakarta: Jalasutra.
- Michael, M.(2005). Instrucsional Technology and Media for Learning. New Jersey Colombus: Ohio
- Nopiyanto, Y.E (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika,5(2), 139-148.
- Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61-69.
- Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalampembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
- Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944-952.
- Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
- Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). PROSES BELAJAR MENGAJAR PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119.
- Sugiyono. (2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2014).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabe
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Creswell, J.W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hartley, J. (2010).Communication,Culture, and Media Studies: Konsep Kunci. Yogyakarta: Jalasutra.
Michael, M.(2005). Instrucsional Technology and Media for Learning. New Jersey Colombus: Ohio
Nopiyanto, Y.E (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika,5(2), 139-148.
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61-69.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalampembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42-54.
Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944-952.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). PROSES BELAJAR MENGAJAR PJOK DI MASA PANDEMI COVID-19. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112-119.
Sugiyono. (2008).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014).Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabe