Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran AudioVisual berbasis ICT pada Guru PJOK SD Negeri Se-Kecamatan Seluma pada materi gerak guling ke depan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitain ini Research and Developement (R&D) langkah ini telah dimodifikasi sehingga langkah-langkah penggunaan metode (R&D) yang dilakukan hanya sampai langkah kelima, yaitu Revisi Desain. Penelitian ini di lakukan pada guru PJOK SD Negeri Se-Kecamatan Seluma dengan 7 Sekolah dan 7 orang guru PJOK. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT dalam penelitian ini berupa hasil validitas produk dari ahli materi memiliki jumlah presentase 96% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan ahli media memiliki jumlah presentase 94% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak” sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh guru PJOK SD Negeri Sekecamatan Seluma, menunjukan Rata-rata presentase 96% yang di kategorikan“Sangat Layak” Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual materi gerak guling ke depan yang dikemas dalam bentuk compact disk (CD).

Keywords

Audio Visual Media Pembelajaran PJOK

Article Details

How to Cite
Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

References

  1. Arsyad, Azhar. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Daryanto, (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.
  4. Nopiyanto, Y. E. & Raibowo, S. (2019). Filsafat pendidikan jasmani dan olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
  5. Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139-148.
  6. Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944-952.
  7. Raibowo, S., & Nopiyanto,Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sport Teaching and Develoment, 1(2), 112-119.
  8. Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2020). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
  9. Salameh.A, Khawaldeh.A (2014). Pengaruh Kesesuaian Tugas-Teknologi,dan Keahlian . Jakarta : Media Pusindo.
  10. Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.