Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran AudioVisual berbasis ICT pada Guru PJOK SD Negeri Se-Kecamatan Seluma pada materi gerak guling ke depan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitain ini Research and Developement (R&D) langkah ini telah dimodifikasi sehingga langkah-langkah penggunaan metode (R&D) yang dilakukan hanya sampai langkah kelima, yaitu Revisi Desain. Penelitian ini di lakukan pada guru PJOK SD Negeri Se-Kecamatan Seluma dengan 7 Sekolah dan 7 orang guru PJOK. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT dalam penelitian ini berupa hasil validitas produk dari ahli materi memiliki jumlah presentase 96% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan ahli media memiliki jumlah presentase 94% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak” sedangkan hasil validasi yang dilakukan oleh guru PJOK SD Negeri Sekecamatan Seluma, menunjukan Rata-rata presentase 96% yang di kategorikan“Sangat Layak” Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran audio visual materi gerak guling ke depan yang dikemas dalam bentuk compact disk (CD).
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
• Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA)
SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
you are free to:
Share — copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially.
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Arsyad, Azhar. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Daryanto, (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.
- Nopiyanto, Y. E. & Raibowo, S. (2019). Filsafat pendidikan jasmani dan olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
- Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139-148.
- Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944-952.
- Raibowo, S., & Nopiyanto,Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sport Teaching and Develoment, 1(2), 112-119.
- Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2020). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
- Salameh.A, Khawaldeh.A (2014). Pengaruh Kesesuaian Tugas-Teknologi,dan Keahlian . Jakarta : Media Pusindo.
- Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
References
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan, D. (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Daryanto, (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta:Gava Media.
Nopiyanto, Y. E. & Raibowo, S. (2019). Filsafat pendidikan jasmani dan olahraga. Bengkulu: Zara Abadi.
Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139-148.
Raibowo, S., Adi, S., & Hariadi, I. (2020). Efektivitas dan Uji Kelayakan Bahan Ajar Tenis Lapangan Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 944-952.
Raibowo, S., & Nopiyanto,Y. E. (2020). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND: Journal Sport Teaching and Develoment, 1(2), 112-119.
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2020). Pemahaman guru PJOK tentang standar kompetensi profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 10-15.
Salameh.A, Khawaldeh.A (2014). Pengaruh Kesesuaian Tugas-Teknologi,dan Keahlian . Jakarta : Media Pusindo.
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.