Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan passing dengan media ban bekas terhadap ketepatan chest pass pada tim bola basket pra-porprov kabupaten kepahiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Desain pretest-posttest one group design. Variabel bebas adalah latihan passing dengan menggunakan media ban bekas variabel terikat adaIah ketepatan Chest Pass, populasi dan sampel adalah tim bola basket pra-porprov kabupaten kepahiang yang berjumlah 13 pria dan 17 wanita, Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan pengukuran. Proses penelitian diawali dengan memberikan pemanasan kepada peserta dan memberikan petunjuk tentang pelaksanaan tes, Data analisis dengan menggunakan statistic uji T. Hasil penelitian menunjukkan, > ruter maka Ha diterima dan Ho ditoIak. Dengan demikian Ha dapat diajukan dapat diterima. Temuan dalam penelitian penelitian ini bahwa Iatihan passing dengan media ban bekas dapat digunakan ImpIikasi dari sebagai salah satu jenis latihan untuk meningkatkan hasil ketepatan chest pass bola basket.

Keywords

Bolabasket Chest Pass Media Ban Bekas Passing

Article Details

How to Cite
Utama, V. R., Pujianto, D., & Sutisyana, A. (2021). Pengaruh Latihan Passing Menggunakan Media Ban Bekas Terhadap Ketepatan Chest Pass Pada Tim Pra PORPROV Kabupaten Kepahiang. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 102–113. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14932

References

  1. Ahmad, N., & Puspitaningsari, M., (2017). Pengaruh Model Pelatihan Machine Gun Pass Terhadap Keterampilan Passing Pada Permainan Bola Basket Tri Darma Jombang. BRAVO’S Jurnal Physical Education And Health Study Program Of STKIP PGRI Jombang. Volume 1 Nomor 3
  2. Ajiansyah, A., Haetami, M., & Triansyah, A., “Pengaruh Media Bantu Ban Terhadap Hasil Shooting Futsal Pada Peserta Didik Mts Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ,7(9).
  3. Ali, M.(2018). Meningkatkan Pembelajaran Chest pass Melalui Media Simpai dalam Permainan Bola Bakset Siswa Kelas XIIPS SMA Negeri 1 KUOK Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 533-544
  4. Husdarta. (2011). Psikologi Olahraga. Bandung: Alfabeta.
  5. Iqroni, D. (2017). Model Tes Keterampilan Dasar Dan Kondisi Fisik Untuk Mengidentifikasi Bakat Calon Atlet BolaBasket. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 142-150.
  6. Junaidi, I. A. (2018). Peningkatan KeterampiIan Chest Pass BoIa Basket MeIaIui Metode Peer Teaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan OIahraga. Penjaskesrek JournaI, 5(1), 37-44.
  7. MeirizaI, Y., & Rusmana, R. (2018). Perbandingan Iatihan PuII Up dan Iatihan Push Up Terhadap KeterampiIan Chest Pass BoIa Basket. JurnaI KepeIatihan OIahraga, 10(1), 26-33.
  8. Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61-69.
  9. Nopiyanto, Y. E., Dimyati, D., & Dongoran, F. (2019). Karakteristik Psikologis Atlet Sea Games Indonesia Ditinjau Dari Cabang Olahraga Tim. Sporta Saintika, 4(2), 27-46.
  10. Pamuji, R. (2013). Pengaruh Gaya Mengejar Komando Dan Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Chest pass Dalam Permainan Bola Basket. PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 1(1), 24-33.
  11. PB.PERBASI (2008). Official Basketball Rules, Jakarta : Bidang III PERBASI.
  12. Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146-165.
  13. Strand, Bradford N. & Wilson, Rolayne. (1993). Assessing Sport Skills. USA: Human Kinetics Publishers.
  14. Sugiyono.(2012). Metode PeneIitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, KuaIitatif, dan R&D. Bandung: AIfabeta.
  15. Yarmani, Y. (2017). Pengaruh Latihan Shooting Drills Terhadap Hasil Three Point Shooting Atlet Putra Klub Bola Basket King Spark Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 75-79.