Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Daerah kawasan Kantor Pemerintah daerah Seluma, di desa Talang Saling, Kabupaten Seluma sebagai tempat studi kasus pada penelitian ini. Tempat ini  merupakan kawasan perkantoran dan jalan raya  perlintasan kendaraan, yang akan terus berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuai bahaya longsor lereng dengan memodifikasi dalam beberapa variasi dengan analisis stabilitas lereng Metode Finite Elemen, Dari analisis stabilitas lereng ini maka diketahui faktor aman (FK) dan sifat fisis tanah, jenis tanah pada lereng. Metoda penelitian ini adalah penelitian eksperimen di lab dan dilapangan. Penelitian ini dimulai dengan melakukan uji sifat fisis dan mekanik tanah, kemudian dilakukan analaisis stabilitas lereng dengan program computer untuk mengetahui nilai  FK. Perhitungan analisis stabilitas lereng menggunakan Program fenite elemen pada lereng terasering trap 3 pada pada lereng 1 adalah trap 3 dengan kemiringan sudut 15o didapat  angka FK=1,78 >1,5 (lereng aman). Lereng 2 adalah lereng asli dengan sudut kemiringan 13o didapat FK=1 <1,5 (lereng tidak aman). Lereng 3 adalah trap 2 dengan sudut kemiringan 14o didapat FK=1,816 >1,5 (lereng aman).

Kata Kunci : Metode Fenite elemen, Stabilitas Lereng, Terasering

 

The area of the Seluma Regional Government Office, Talang Saling village, Seluma District as a case study in this study. This area is an office area and road crossing,  that will continue to grow always. This study aims to analyze modified slope stability in several variations using the Finite Element, so that it is known that the safety factor (FK) and soil type – soil physic properties. The study began by conducting physical and mechanical properties of soil tests, then analyzing slope stability with the computer programs to find out the FK.. Calculation of slope stability analysis using. Calculation of slope stability analysis using Finite elemen with the effect of pore water results on the original slope 1 is terrace trap 3 with slant of 15o, FK=1,78>1,5 (safe slope). Slope 2 is original slope with slant of 13o, FK=1 >1,5 (not safe slope). Slope 3 is terrace trap 2 with slant of 14o, FK=1,816 >1,5 (safe slope).

Key Words : Finite elemen Method, Safety Factor (FK), Slope Stability, Terraces

Keywords

fellenius Method Safety Factor (FK) Slope Stability Terraces

Article Details

How to Cite
mawardi, mawardi. (2021). TINJAUAN BAHAYA LONGSOR LERENG DENGAN METODE FELLENIUS. Inersia: Jurnal Teknik Sipil, 13(2), 89–98. https://doi.org/10.33369/ijts.13.2.89-98