Main Article Content
Abstract
Regulasi diri dalam belajar merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa dalam proses belajar. Manajemen waktu merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Malahayati. Subjek penelitian berjumlah 123 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Regulasi diri dalam belajar diukur dengan skala Motivated Strategies for Learning Quetionnaire (MSLQ). Skala ini mempunyai 36 item valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,897. Sedangkan manajemen waktu diukur dengan skala Time Management Questionnaire (TMQ). Skala ini mempunyai 16 item valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,85. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi product moment yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 20 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar. Korelasi antara manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar diperoleh koefisien r = 0,519 dengan signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ambarsari, J., Ruhaena, L. and Uyun, Z., 2017. Efektivitas Pelatihan Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Dengan Regulasi Diri (Self Regulated Learning) Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Dami, Z.A. and Parikaes, P., 2018. Regulasi Diri Dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), pp.82-95.
- Fasikhah, S.S. and Fatimah, S., 2013. Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), pp.145-155.
- Fitriah, N., 2014. Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
- Istia’dah, F.N.L., 2018. Komparasi Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Yang Bekerja Dan Mahasiswa Yang Tidak Bekerja. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(01), pp.6-13.
- Koro, M., Djamika, E.T. and Ramli, M., 2017, May. Self-Regulated Learning Sebagai Strategi Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 788-795).
- Lisiswanti, R., 2016. Pembelajaran di Fakultas Kedokteran: Pengenalan bagi Mahasiswa Baru. JK UNILA, jurnal kedokteran universitas lampung, vol 1 no 2, oktober 2016, 1(2), pp.399-403.
- Mulyani, M.D., 2013. Hubungan antara manajemen waktu dengan self regulated learning pada mahasiswa. Educational psychology journal, 2(1).
- Mu'min, S.A., 2016. Regulasi Diri dalam Belajar Mahasiswa yang Bekerja. Al-Ta'dib, 9(1), pp.1-20.
- Notoatmodjo, S., 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta. Jakarta. Indonesia.
- Puspitasari, S.A., 2018 Hubungan Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember.
- Puspitasari, W., 2013. Hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa yang bekerja. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).
- Sari, M.I., Lisiswanti, R. and Oktafany, O., 2017. Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(3), pp.525-529.
- Sugiyono, P.D., 2013. Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.
References
Ambarsari, J., Ruhaena, L. and Uyun, Z., 2017. Efektivitas Pelatihan Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Dengan Regulasi Diri (Self Regulated Learning) Siswa SMP (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Dami, Z.A. and Parikaes, P., 2018. Regulasi Diri Dalam Belajar Sebagai Konsekuen. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), pp.82-95.
Fasikhah, S.S. and Fatimah, S., 2013. Self-regulated learning (SRL) dalam meningkatkan prestasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), pp.145-155.
Fitriah, N., 2014. Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Istia’dah, F.N.L., 2018. Komparasi Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Yang Bekerja Dan Mahasiswa Yang Tidak Bekerja. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(01), pp.6-13.
Koro, M., Djamika, E.T. and Ramli, M., 2017, May. Self-Regulated Learning Sebagai Strategi Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 788-795).
Lisiswanti, R., 2016. Pembelajaran di Fakultas Kedokteran: Pengenalan bagi Mahasiswa Baru. JK UNILA, jurnal kedokteran universitas lampung, vol 1 no 2, oktober 2016, 1(2), pp.399-403.
Mulyani, M.D., 2013. Hubungan antara manajemen waktu dengan self regulated learning pada mahasiswa. Educational psychology journal, 2(1).
Mu'min, S.A., 2016. Regulasi Diri dalam Belajar Mahasiswa yang Bekerja. Al-Ta'dib, 9(1), pp.1-20.
Notoatmodjo, S., 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta. Jakarta. Indonesia.
Puspitasari, S.A., 2018 Hubungan Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Jember.
Puspitasari, W., 2013. Hubungan antara manajemen waktu dan dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa yang bekerja. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).
Sari, M.I., Lisiswanti, R. and Oktafany, O., 2017. Manajemen Waktu pada Mahasiswa: Studi Kualitatif pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 1(3), pp.525-529.
Sugiyono, P.D., 2013. Statistik untuk Penelitian. CV. Alvabeta Bandung.