Main Article Content
Abstract
Abstrak
Kasus kekerasan seksual yang terjadi pada anak di bawah umur saat ini sudah sangat memprihatinkan. Anak menjadi kelompok rentan terhadap pelecehan seksual karena anak diposisikan sebagai sosok yang lemah, dan tidak berdaya. Tujuan Pelatihan ini memberikan pemahaman mengenai diri dan tubuh anak. Pelatihan dengan judul “AKU DAN TUBUHKU: Program Pengenalan Tubuh Dengan Prinsip Active Joyful Effective Learning”(Ajel). Program ini memberikan wawasan dan self awareness kepada anak tentang tubuhnya. Pelatihan ini diberikan kepada siswa kelas 4 SD Model Sleman berjumlah 84 siswa. Pelatihan yang diberikan meliputi bagian tubuh, area sentuhan aman, tipe-tipe sentuhan, dan cara melindungi diri. Sebelum pelatihan siswa diberikan sejumlah pertanyaan dalam bentuk isian singkat untuk mengukur wawasan anak sebelum diberi pelatihan, dan diberikan evaluasi akhir setelah pelatihan. Hasil evaluasi pelatihan menunjukkan anak mengalami peningkatan pemahaman dan wawasan mengenai tubuhnya, menjaga tubuhnya, dan memahami sentuhan aman dan tidak aman.
Kata Kunci: prinsip ajel, pendidikan seks, pra remaja, self awareness,
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Choirudin, M. (2008). Urgensi Pendidikan Seks Sejak Dini dalam Belenggu Kekerasan Seksual terhadap Anak (sebuah upaya preventif dan protektif). Jurnal Insania. 13
- (2)
- Finkelhor, D. (2009). The Prevention of Child Sexual Abuse. The Future of Children, 19(2).
- Kallen, D.J; Stephenson, J.J & Doughty, A. 1983. The Need to Know: Recalled Adolescent Sources of Sexual and Contraceptives Information and Sexual Behavior. Journal of Sex Research
- King, Laura (2008). The Science of Psychology. New York: The Mc Graw Hill Companies Inc.
- Levitan, R. D., N. A. Rector, Sheldon, T., & Goering, P. (2003). Childhood Adversities Associated with Major Depression and/or Anxiety Disorders Incommunity Sample of Ontario Issues of Co-Morbidity and Specifity. Depression & Anxiety (online); 17, 34-42.
- Maslihah, Sri. (2006). “Kekerasan Terhadap Anak: Model Transisional dan Dampak Jangka Panjang”. Edukid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.I (1).25-33.
- Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat, Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta
- Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual terhadap Anak: Dampak dan Penanganannya. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial Republik.
- Paramnastri, Ira. (2010) Child Sexual Abuse: Consequences and Implication. Jurnal Psikologi Early Prevention Toward Sexual Abuse on Children. Hornor, Gail. 2010 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfh/article/view/1821
- Russo (2001) Education and the Law Russo CJ "Recent Developments in the United States Supreme Court: Update on Sexual Harassment in Schools" Journal of Education and the Law 13(1) 69-75
- Santrock, John W. (2011). Life-Span Development. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta Timur: PT. Gelora Aksara Pratama
- Setyosari, Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 1
- www.kpai.go.id. 2016. Data Tindak Kejahatan Seksual pada Anak
- ttps://solo.tribunnews.com/2016/05/22/rendahnya-pendidikan-seks-picu-kasus-kekerasan-seksual-ke-perempuan-dan-anak. Diunduh Maret 2019
- https://radarjogja.co/2016/11/23/polda-janji-usut-kasus-pencabulan-sdn-model-sleman/. Diunduh Maret 2020
- https://www.merdeka.com/peristiwa/data-kpai-selama-2019-ada-123-anak-korban-kekerasan-seksual-di-institusi-pendidikan.html. Diunduh Maret 2020
- Weber, Mark Reese., Smith, Dana M.(2010). Outcomes of Child Sexual Abuse as Predictors of laters Sexual Victimization. Dalam Journal of International Violence. (Online). 26 (9): 1899-1905.
- Young, Ellie dan Ashbaker, Betty (2010). Sexual Harrashment: A Guide to School Personnel. National Association of School Psychologist. 4340 East West Highway Suite 402 Bethesda, MD 20814 – 301 (657 – 0270)
References
Choirudin, M. (2008). Urgensi Pendidikan Seks Sejak Dini dalam Belenggu Kekerasan Seksual terhadap Anak (sebuah upaya preventif dan protektif). Jurnal Insania. 13
(2)
Finkelhor, D. (2009). The Prevention of Child Sexual Abuse. The Future of Children, 19(2).
Kallen, D.J; Stephenson, J.J & Doughty, A. 1983. The Need to Know: Recalled Adolescent Sources of Sexual and Contraceptives Information and Sexual Behavior. Journal of Sex Research
King, Laura (2008). The Science of Psychology. New York: The Mc Graw Hill Companies Inc.
Levitan, R. D., N. A. Rector, Sheldon, T., & Goering, P. (2003). Childhood Adversities Associated with Major Depression and/or Anxiety Disorders Incommunity Sample of Ontario Issues of Co-Morbidity and Specifity. Depression & Anxiety (online); 17, 34-42.
Maslihah, Sri. (2006). “Kekerasan Terhadap Anak: Model Transisional dan Dampak Jangka Panjang”. Edukid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.I (1).25-33.
Notoatmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat, Ilmu dan Seni. Jakarta: Rineka Cipta
Noviana, I. (2015). Kekerasan Seksual terhadap Anak: Dampak dan Penanganannya. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial Republik.
Paramnastri, Ira. (2010) Child Sexual Abuse: Consequences and Implication. Jurnal Psikologi Early Prevention Toward Sexual Abuse on Children. Hornor, Gail. 2010 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfh/article/view/1821
Russo (2001) Education and the Law Russo CJ "Recent Developments in the United States Supreme Court: Update on Sexual Harassment in Schools" Journal of Education and the Law 13(1) 69-75
Santrock, John W. (2011). Life-Span Development. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta Timur: PT. Gelora Aksara Pratama
Setyosari, Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1, No. 1
www.kpai.go.id. 2016. Data Tindak Kejahatan Seksual pada Anak
ttps://solo.tribunnews.com/2016/05/22/rendahnya-pendidikan-seks-picu-kasus-kekerasan-seksual-ke-perempuan-dan-anak. Diunduh Maret 2019
https://radarjogja.co/2016/11/23/polda-janji-usut-kasus-pencabulan-sdn-model-sleman/. Diunduh Maret 2020
https://www.merdeka.com/peristiwa/data-kpai-selama-2019-ada-123-anak-korban-kekerasan-seksual-di-institusi-pendidikan.html. Diunduh Maret 2020
Weber, Mark Reese., Smith, Dana M.(2010). Outcomes of Child Sexual Abuse as Predictors of laters Sexual Victimization. Dalam Journal of International Violence. (Online). 26 (9): 1899-1905.
Young, Ellie dan Ashbaker, Betty (2010). Sexual Harrashment: A Guide to School Personnel. National Association of School Psychologist. 4340 East West Highway Suite 402 Bethesda, MD 20814 – 301 (657 – 0270)