Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendiskripsikan permainan tradisonal Buton melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan proposal sosial siswa. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode  pre eksperiment dengan bentuk design one-group pretest-postes design. Populasi dalam penilitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baubau yang berjumlah 27 siswa. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 10  siswa, teknik analisis data menggunakan uji statistic Wilcoxon. Hasil pemberian posttest menunjukkan ada peningkatan prososial siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan permainan tradisional Buton, dengan 10 Sampel yaitu 30% atau 3 siswa dalam kategori sedang dan 7 siswa atau 70% prososial siswa meningkat;  ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest dengan nilai masing-masing nilai sig. (2-tailed) probabilitas 0,005 pada taraf signifikansi nilai 0.05 (p<0.05). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan  bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok melalui layanan bimbingan kelompok dengan permainan tradisional Buton untuk meningkatkan prososial siswa yang dilakukan, berhasil secara signifikan atau efektif untuk dilakukan

Article Details

Author Biographies

Wa Ode Husniah, Universitas Muhammadiyah Buton

Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP dan pangkat Lektor

Maria Ulfa, Universitas Muhammadiyah Buton

prodi bimbingan dan konseling dan asisten ahli

La Ode Herman Susanto, Universitas Muhammadiyah Buton

prodi bimbingan dan konseling
How to Cite
Husniah, W. O., Ulfa, M., & Herman Susanto, L. O. (2021). BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BUTON UNTUK MENINGKATKAN PROSOSIAL SISWA. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 253–261. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.253-261

References

  1. APA 7th Edition