Main Article Content

Abstract

Coranavirus Disease 2019 (covid-19) kini telah dinyatakan sebagai pandemi. Hal ini berdampak pada seluruh sektor kebidupan manusia, salah satu yaitu pada sektor bidang pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Dalam dunia pendidikan salah satu kegiatan yang terkena dampak langsung yaitu kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya melibatkan interaksi secara langsung antara guru dan murid kini berubah menjadi daring  (dalam jaringan) guna memutus rantai penyebaran covid-19 dan melakukan pembatasan soasial. Dalam hal ini mengakibatkan sejumlah kegiatan pembelajaran di sekolah  mengalami perubahan. Berbagai macam kegiatan dan pembelajaran di sekolah yang semula luring harus dirubah menjadi daring. Kegiatan yang diubah dari luring menjadi daring. Hal ini pastinya harus didukung dengan  kreativitas dan inovasi tekhnologi pembelajaran yang menarik, memantang dan memahamkan, selain itu beban kerja guru juga semakin berat diantarnya yaitu : pembelajaran masih terfokus pada penuntasan kurikulum, waktu mengajar berkurang, kemampuan guru yang terbatas dalam membuat modul yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dan dituntut degan berbagai hal dengan segala inovasinya, jam bekerja yang lebih lama, media pembelajaran yang masih terbatas, belum lagi jika keterbatasan orang tua murid dalam mendampingi anak karena harus bekerja. Hal ini jika dilakukan berhari-hari dan dalam masa yang lama maka akan menimbulkan stress kerja yang dapat mempengaruhi kinerja, tekanan psikologis dan kesehatan fisik pada guru.Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi kasus dimana penelitian yang dilakukan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan mendetail. Hasil penelitian yang diperoleh dan disimpulkan hanya berlaku bagi guru kelas sekolah dasar secara khusus. Adapun hasilnya stress kerja yang terjadi pada guru SD pada masa pandemi karena bertambahnya beban kerja yang banyak. Sehingga mereka harus melakukan pemetakan tugas agar tidak mengalami stress dan burnout kerja.

 

Article Details

Author Biography

Clauradita Angga Renny

Mahasiswi Bimbingan Konseling Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Jogyakarta
How to Cite
Renny, C. A. (2021). MANAGEMENT STRESS KERJA GURU SD TERHADAP BEBAN KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 219–226. https://doi.org/10.33369/consilia.3.3.219-226

References

  1. DAFTAR RUJUKAN
  2. Agustin, M., Puspita, R. D., & Setiyadi, R. (2020). Gejala Kejenuhan Guru Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2)
  3. Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106–112.
  4. Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
  5. Hifzul Muiz, M., & Sumarni, N. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153-165.
  6. Kusnayat, A., Muiz, M. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (n.d.). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa.
  7. Muslim, M. (2020). Manajemen Stress Pada Masa Pandemi Covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201.
  8. Pertiwi, N. Y., & Wardani, I. Y. (2019). Tingkat Stres Kerja Dan Strategi Koping Guru Sd Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(2), 155–164.
  9. Putri, R. M., Oktaviani, A. D., Utami, A. S. F., Addiina, H. A., & Nisa, H. (2020). Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2(1), 38-45.
  10. Rokhani, C. T. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 424–437.
  11. Howard, S., & Johnson, B. (2004). Resilient teachers: Resisting stress and burnout. Social Psychology of Education, 7(4), 399-420.
  12. Suminarsis, T. A., & Sudaryanto, A. (2017). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Keperawatan Menghadapi Praktek Belajar Lapangan Di Rumah Sakit. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 2(3).
  13. Wahdaniyah, N., & Miftahuddin, M. (2019). Pengaruh Hardiness, Beban Kerja, dan Faktor Demografi Terhadap Stres Kerja Guru. Tazkiya Journal Of Psychology, 6(1).
  14. Yuwono, S. D. (2020). Profil Kondisi Stres Di Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Dasar Intervensi Dalam Praktek Mikrokonseling. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 132–138.