Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing pada siswa kelas XI di SMKN 5 Kota Bengkulu. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala penggunaan media sosial dan skala perilaku phubbing. Sampel penelitian ini berjumlah 113 siswa yang diambil dengan menggunaan teknik random sampling dari seluruh siswa kelas XI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing dengan rxy sebesar 0,911. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing pada siswa.
Kata kunci : Penggunaan Media Sosial, Perilaku Phubbing
THE RELATIONSHIP BETWEEN THE USE OF SOCIAL MEDIA AND
THE PHUBBING BEHAVIOR OF GENERATION Z CULINARY
STUDENTS CLASS XI AT SMKN 5 BENGKULU CITY
ABSTRACT
This is study was a quantitative descriptive study with a correlation technique. Study aimed to determine the relationship between the use social media and the phubbing behavior of generation Z culinary students class XI at SMKN 5 Bengkulu City. The data were analyzed using pearon correlation product moment. The instrument of this study was scala on the social media and scala the phubbing behavior.The sample of this study were 113 students who were taken by random sampling technique from all XI. The result showed a significant positive reliantionship between the use of social media and the phubbing behavior with a rxy of 0,911. It showed the there was a positive relationship between the use social media and the phubbing behavior of students.
Key words : the use of social media , the phubbing behavior.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
- Devito, J.A (1997). Komunikasi antar manusia kuliah dasar edisi elima. Jakarta: Professional Books.
- Ferial, F., & Handayani, S. R. (2016). Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan dan efeknya terhadap nilai perusahaan (studi pada badan usaha milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 33(1), 146-153.
- Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa. Sosietas, 5(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513
- Nassrullah, R. (2015) Media sosial (Persfektif komunikasi, budaya, dan sosioteknoligi). Jakarta : Rajawali Pers
- Putra, Y. (2016). TheoriticalReview. Teori perbedaan generasi. AmongMakarti 9(8). 123-134.
- Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2010). Metote penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta
- Widiantari, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 106–115. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p11
- Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143. https://doi.org/10.26638/jfk.553.2099
References
Daftar Pustaka
Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
Devito, J.A (1997). Komunikasi antar manusia kuliah dasar edisi elima. Jakarta: Professional Books.
Ferial, F., & Handayani, S. R. (2016). Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan dan efeknya terhadap nilai perusahaan (studi pada badan usaha milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 33(1), 146-153.
Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa. Sosietas, 5(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513
Nassrullah, R. (2015) Media sosial (Persfektif komunikasi, budaya, dan sosioteknoligi). Jakarta : Rajawali Pers
Putra, Y. (2016). TheoriticalReview. Teori perbedaan generasi. AmongMakarti 9(8). 123-134.
Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metote penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta
Widiantari, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 106–115. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p11
Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143. https://doi.org/10.26638/jfk.553.2099