Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing pada siswa kelas XI di SMKN 5 Kota Bengkulu. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah skala penggunaan media sosial dan skala perilaku phubbing. Sampel penelitian ini berjumlah 113 siswa yang diambil dengan menggunaan teknik random sampling dari seluruh siswa kelas XI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing dengan rxy sebesar 0,911. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan media sosial dengan perilaku phubbing pada siswa.

 

Kata kunci : Penggunaan Media Sosial, Perilaku Phubbing

THE RELATIONSHIP BETWEEN THE USE OF SOCIAL MEDIA AND

THE PHUBBING BEHAVIOR OF GENERATION Z CULINARY

STUDENTS CLASS XI AT SMKN 5 BENGKULU CITY

 

ABSTRACT

 

This is study was a quantitative descriptive study with a correlation technique. Study aimed to determine the relationship between the use social media and the phubbing behavior of generation Z culinary students class XI at SMKN 5 Bengkulu City. The data were analyzed using pearon correlation product moment. The instrument of this study was scala on the social media and scala the phubbing behavior.The sample of this study were 113 students who were taken by random sampling technique from all XI. The result showed a significant positive reliantionship between the use of social media and the phubbing behavior with a rxy of 0,911. It showed the there was a positive relationship between the use social media and the phubbing behavior of students.

 

Key words : the use of social media , the phubbing behavior.

Article Details

How to Cite
Safitri, W., Elita, Y., & Sulian, I. (2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PERILAKU PHUBBING REMAJA GENERASI Z PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 5 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 274–282. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.274-282

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Darmadi, H. (2013). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta.
  3. Devito, J.A (1997). Komunikasi antar manusia kuliah dasar edisi elima. Jakarta: Professional Books.
  4. Ferial, F., & Handayani, S. R. (2016). Pengaruh good corporate governance terhadap kinerja keuangan dan efeknya terhadap nilai perusahaan (studi pada badan usaha milik negara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 33(1), 146-153.
  5. Juwita, E. P., Budimansyah, D., & Nurbayani, S. (2015). Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa. Sosietas, 5(1). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1513
  6. Nassrullah, R. (2015) Media sosial (Persfektif komunikasi, budaya, dan sosioteknoligi). Jakarta : Rajawali Pers
  7. Putra, Y. (2016). TheoriticalReview. Teori perbedaan generasi. AmongMakarti 9(8). 123-134.
  8. Sugiyono. (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
  9. Sugiyono. (2010). Metote penelitian bisnis. Bandung : Alfabeta
  10. Widiantari, K. S., & Herdiyanto, Y. K. (2013). Perbedaan Intensitas Komunikasi Melalui Jejaring Sosial antara Tipe Kepribadian Ekstrovert dan Introvert pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 106–115. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p11
  11. Youarti, I. E., & Hidayah, N. (2018). Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 143. https://doi.org/10.26638/jfk.553.2099