Main Article Content

Abstract

Evaluasi bimbingan dan konseling sangat dibutuhkan untuk membenahi program-program yang kurang berhasil. Untuk menghasilkan evaluasi bimbingan dan konseling yang tepat kita harus mengetahui tujuan yang akan dicapai serta dari mana evaluasi akan dimulai. Evaluasi bimbingan dan konseling merupakan upaya untuk menentukan derajat kualitas pelaksanaan program kegiatan bimbingan dan konseling. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi landasan teori dan pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Untuk menjaga ketepatan pengkajian dan mencegah kesalahan informasi dalam analisis data maka dilakukan pengecekan antar pustaka dan membaca ulang pustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun landasan teori dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling. Hasil penelitian ini adalah terelaborasinya landasan teori dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling secara utuh meliputi: 1) pengertian evaluasi program, 2) komponen program bimbingan dan konseling, 3) pengertian evaluasi program bimbingan dan konseling, 4) manfaat melaksanakan evaluasi program bimbingan dan konseling, 5) prosedur evaluasi program bimbingan dan konseling, 6) hambatan evaluasi program bimbingan dan konseling.

 

Article Details

How to Cite
Musyofah, T., Pitri, T., & Sumarto, S. (2021). Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 304–312. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.304-312

References

  1. Arikunto, S. &. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Azizah, F. G. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling.
  3. Badrujaman, A. (2011). Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
  4. Barida, M. (2016). Evaluasi Pelaksanaan Layanan Dasar Bidang Pribadi Sosial di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Fokus Konseling.
  5. Darodjat, D. &. (2015). Model Evaluasi Program Pendidikan. ISLAMADINA.
  6. Diniaty, A. (2012). Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Pekan baru: Zanafa Publishing.
  7. Gibson, R. L. (2011). Bimbingan dan Konseling (Alih Bahasa: Yudi Santoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Gysbers, N. C. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program Fourth Edition. America: American Counseling Assosiation. .
  9. Mashudi, F. (2015). Pedoman Lengkap Evaluasi dan Supervisi. Yogyakarta: Diva Press.
  10. Nasional, D. P. (2007). Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Bandung: UPI.
  11. Saputra, W. N. (2015). Evaluasi Program Konseling di SMP Kota Malang. Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling.
  12. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  13. Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Yusuf, T. &. (2014). Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Palangka Raya. Kalimantan: Pedagogik Jurnal Pendidikan.
  15. Yuwono, S. D. ( 2014). Pengembangan Software Evaluasi Hasil Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling Tingkat SMP. INSIGHT: Jurnal Bimbingan dan Konseling.
  16. Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesi