Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Kemandirian adalah salah satu aspek penting dalam menunjang kebehasilan dalam belajar siswa sehingga siswa dapat belajar tanpa harus bergantung kepada orang lain. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran daring di SMA Karya Ibu Palembang.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran daring di SMA Karya Ibu Palembang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tahapan pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melalui beberapa teknik diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dengan beberapa siswa dengan melakukan Tanya jawab kepada siswa yang sedang dalam mengikuti pembelajaran darimg tersebut kemudian berupa dokumentasi peneliti dengan siswa yang sedang melaksanakan wawancara di SMA Karya Ibu Palembang, Karena ada sebagian siswa yang datang kesekolah untuk mengumpulkan tugas kepada guru. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa peneliti melihat hasil analisis kemandirian siswa dalam belajar daring ini dapat membuat siswa mengerjakan tugasnya secara mandiri tanpa memerlukan bantuan orang lain karena mereka belajar tidak perlu datang kesekolah sehingga membuat tugas secara mandiri dirumah masing-masing yang diberikan oleh guru, jadi tidak mecontek tugas teman lainnya. Adapun kendala yang dihadapi siswa saat pembelajaran daring tersebut contohnya seperti tidak ada kuota, susah jaringan, tidak memiliki handphone.

Article Details

How to Cite
Anggraini, P. W., Fauzy, T., & Putri, R. D. (2021). ANALISIS KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS-TUGAS PEMBELAJARAN DARING DI SMA KARYA IBU PALEMBANG. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 293–303. https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.293-303

References

  1. Hidayat, D. R., Dkk. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2).
  2. Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.
  3. Khotijah, I., Dkk. (2020). Peran Guru dalam Menanamkan Kemandirian Anak Saat Belajar di Rumah pada Masa Pandemi Covid 19. Eceds: Early Childhood Education and Development Studies, 1(2).
  4. Yusuf, A. M. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta, Prenadamedia Group.