Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini berfokus pada konseling agama dengan menggunakan pendekatan budaya dalam membentuk resiliensi remaja. Konseling dapat dicirikan sebagai cara yang paling umum untuk memberikan bantuan kepada klien oleh seorang konselor dengan hubungan yang bersifat individu ke individu, meskipun mempengaruhi lebih dari satu individu. Penelitian ini menggunakan jenis/metode penelitian berupa studi kepustakaan (Library Research) yang memiliki relavansi mengenai konseling agama pendekatan budaya dalam membentuk resiliensi remaja. Tujuan konseling budaya memiliki beberapa tindakan dalam konseling yaitu pertama, konseling dapat membuat konselor peka terhadap masalah lingkungan yang mempengaruhi perkembangan manusia. Kedua, profesi konseling mengharuskan konselor memiliki pengetehuan dan keterampilan. Konseling agama merupakan bantuan dari konselor untuk membantu klien membangkitkan ajaran agamanya untuk menyelesaikan segala permasalahan hidup yang dihadapi dengan cara-cara yang dibenarkan menurut agama dan keyakinannya.

Keywords

Konseling Agama Budaya Resiliensi Ramaja

Article Details

How to Cite
NELISMA, Y., Fitriani, W., & Silvianetri, S. (2022). Konseling Agama Dengan Pendekatan Budaya Dalam Membentuk Resiliensi Remaja. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.33369/consilia.5.1.66-76

References

  1. Awad, F. B. (2015). KonselingIslam dalamMasyarakat Multikultural. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam.
  2. Desmita, D. (2009). MENGEMBANGKAN RESILIENSI REMAJA DALAM UPAYA MENGATASI STRES SEKOLAH. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v12i1.150
  3. Farikhatul ’Ubudiyah. (2020). Konseling Melalui Meditasi Lintas Agama di Vihara Karangdjati Yogyakarta. Al-Irsyad Jurnal Bimbingan Konseling Islam.
  4. Firman. (2017). Peran Antropologi dalam Konseling Lintas Budaya di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Prosiding Seminar Konseling 2017 (Profesi Konseling Menuju Masyarakat Ekonomi Asean).
  5. Ganesan. (2016). Akhbar Tamil Nesan dan peranannya dalam perkembangan pendidikan Tamil di Tanah Melayu. Jurnal Penyelidikan Dedikasi.
  6. Hermansyah, M. T., & Hadjam, M. R. (2020). RESILIENSI PADA REMAJA YANG MENGALAMI PERCERAIAN ORANG TUA: STUDI LITERATUR. MOTIVA JURNAL PSIKOLOGI. https://doi.org/10.31293/mv.v3i2.4950
  7. Irman, I., Murisal, M., Syafwar, F., Silvianetri, S., Zubaidah, Z., & Yeni, P. (2020). Membangun Kesadaran Spritual melalui Konseling Berbasis Surau dalam Pengembangan Pariwisata. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1421
  8. Mahfuz, A. G. (2019). Hubungan Agama dan Budaya. Sosial Keagamaan Dan Pendidikan Islam.
  9. Mirnawati et.al. (2016). Simbol Mitologi Dalam Karya Sastra Teks Al-Barzanji; Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Pasal 4. Jurnal Diskursus Islam UIN Alauddin Makasar.
  10. Nashihin, H. (2017). Pengertian Budaya. Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter.
  11. Resiliensi pada Remaja Jawa. (2015). Jurnal Psikologi UGM. https://doi.org/10.22146/gamajop.7347
  12. Rofiqi, M. A. (2019). RELEVANSI AGAMA DAN SPIRITUAL DALAM KONSELING. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i2.34
  13. Sunarti, E., Islamia, I., Rochimah, N., & Ulfa, M. (2017). Pengaruh Faktor Ekologi Terhadap Resiliensi Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.107
  14. Sunarti, E., Islamia, I., Rochimah, N., & Ulfa, M. (2018). Resiliensi Remaja: Perbedaan Berdasarkan Wilayah, Kemiskinan, Jenis Kelamin, dan Jenis Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.157
  15. Supriatna, E. (2019). Islam dan Kebudayaan. Jurnal Soshum Insentif. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.178
  16. Thabroni, G. (2020). Pengertian Budaya, Unsur, Wujud & Fungsi Menurut Para k. Serupa.Id.
  17. Wati, W., & Silvianetri, S. (2018). PENGARUH KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SHOLAT BERJAMAAH SISWA. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.31958/jsk.v2i2.1443
  18. Awad, F. B. (2015). KonselingIslam dalamMasyarakat Multikultural. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam.
  19. Desmita, D. (2009). MENGEMBANGKAN RESILIENSI REMAJA DALAM UPAYA MENGATASI STRES SEKOLAH. Ta’dib. https://doi.org/10.31958/jt.v12i1.150
  20. Farikhatul ’Ubudiyah. (2020). Konseling Melalui Meditasi Lintas Agama di Vihara Karangdjati Yogyakarta. Al-Irsyad Jurnal Bimbingan Konseling Islam.
  21. Firman. (2017). Peran Antropologi dalam Konseling Lintas Budaya di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Prosiding Seminar Konseling 2017 (Profesi Konseling Menuju Masyarakat Ekonomi Asean).
  22. Ganesan. (2016). Akhbar Tamil Nesan dan peranannya dalam perkembangan pendidikan Tamil di Tanah Melayu. Jurnal Penyelidikan Dedikasi.
  23. Hermansyah, M. T., & Hadjam, M. R. (2020). RESILIENSI PADA REMAJA YANG MENGALAMI PERCERAIAN ORANG TUA: STUDI LITERATUR. MOTIVA JURNAL PSIKOLOGI. https://doi.org/10.31293/mv.v3i2.4950
  24. Irman, I., Murisal, M., Syafwar, F., Silvianetri, S., Zubaidah, Z., & Yeni, P. (2020). Membangun Kesadaran Spritual melalui Konseling Berbasis Surau dalam Pengembangan Pariwisata. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i1.1421
  25. Mahfuz, A. G. (2019). Hubungan Agama dan Budaya. Sosial Keagamaan Dan Pendidikan Islam.
  26. Mirnawati et.al. (2016). Simbol Mitologi Dalam Karya Sastra Teks Al-Barzanji; Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Pasal 4. Jurnal Diskursus Islam UIN Alauddin Makasar.
  27. Nashihin, H. (2017). Pengertian Budaya. Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter.
  28. Resiliensi pada Remaja Jawa. (2015). Jurnal Psikologi UGM. https://doi.org/10.22146/gamajop.7347
  29. Rofiqi, M. A. (2019). RELEVANSI AGAMA DAN SPIRITUAL DALAM KONSELING. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.24905/jcose.v1i2.34
  30. Sunarti, E., Islamia, I., Rochimah, N., & Ulfa, M. (2017). Pengaruh Faktor Ekologi Terhadap Resiliensi Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.107
  31. Sunarti, E., Islamia, I., Rochimah, N., & Ulfa, M. (2018). Resiliensi Remaja: Perbedaan Berdasarkan Wilayah, Kemiskinan, Jenis Kelamin, dan Jenis Sekolah. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.157
  32. Supriatna, E. (2019). Islam dan Kebudayaan. Jurnal Soshum Insentif. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.178
  33. Thabroni, G. (2020). Pengertian Budaya, Unsur, Wujud & Fungsi Menurut Para k. Serupa.Id.
  34. Wati, W., & Silvianetri, S. (2018). PENGARUH KONSELING ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SHOLAT BERJAMAAH SISWA. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.31958/jsk.v2i2.1443