Main Article Content

Abstract

 ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas VIII.3 di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dimana sampel pada penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII.3 di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pengaruh bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, teknik permainan, konsentrasi belajar

 

EFFECT OF GROUP COUNSELING SERVICE WITH GAME

TECHNIQUES TO IMPROVE OF THE LEARNING

CONCENTRATION  CLASS VIII.3  STUDENTS

OF SMP NEGERI 18 KOTA BENGKULU

 

ABSTRACT

This study aims to describe the effect of group guidance services with game techniqus to improve learning concentration of the class VIII.3  students of SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. This research is an experimental research with one group pretest and postest research design. The sampling technique used was purposive sampling, where the sample in this study were 10 of class VIII.3 SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. The results show that study indicate a significant increase in the effect of group guidance to improve learning concentration. It can be concluded, there is an effect of group guidance services with game techniques to the student improve learning concentration.

Keywords : group guadance services, game techniqus, learning concentration

Article Details

How to Cite
Aryani, N., Wasidi, W., & Sholihah, A. (2022). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 45–55. https://doi.org/10.33369/consilia.5.1.45-55

References

  1. Adhityaputra, V. W., & Saripah, I. (2015). Efektivitas Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja. Edusentris, 2(3), 290. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.181. Diunduh pada 23 Juni 2021.
  2. Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.259. Diunduh Pada 29 Januari 2021.
  3. Aliyah, Himatul. (2015). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPA di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Skripsi. Diunduh pada 28 Januari 2021.
  4. Azwar, Saifuddin. (2012). Relibilitas dan Validitas. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
  5. Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973. Diunduh pada 19 Februari 20121.
  6. Isnawati, Ruslia. (2020). Cara Kreatif Dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar Pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)), Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
  7. Jusriana. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Discovery Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Dan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi B Ma Madani Alauddin Paopao. Jurnal Pendidikan, 3(2), 137–142. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/viewFile/3734/3408. Diunduh pada 19 Februari 2021.
  8. Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272. Diunduh pada 26 Januari 2021.
  9. Payadnya & Jayantika. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: CV Budi Utama.
  10. Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi-Grobogan: CV Sarnu Untung.
  11. Putu, N., Nonik, S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 Sma Negeri 1 Sukasada. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1). Diunduh pada 31 Januari 2021.
  12. Ramadhaniar, Prana. Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di Kelas VIII-7 MTs N Deli Serdang. Skripsi. Diunduh pada 29 Januari 2021.
  13. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
  14. Surya, H. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  15. Ramadhani; Yulia R; Masrul; Rahmi R; Rani R; Andi F.T; Juliana S.D; Anita P; Tasnim; Arsen N.P; Muhammad A.AB; Tuti A; Cahyo P; dan Janner S. (2020). Metode dan Teknik Pembelajaran Inovatif. Medan: Yayasan Kita Menulis.