Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Bimbingan Kelompok teknik Role Playing terhadap peningkatan self-control siswa yang rendah kelas X Perhotelan era pandemic Covid-19 di SMK Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan  purposive sampling, sampel penelitian sebanyak 10 siswa kelas X Perhotelan 1. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha, dan analisis data dengan menggunakan uji t. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sampel t test yang telah dilaksanakan. Hasil uji paired sampel t test menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5,616 dimana 5,616 > 1,833. Selain itu, nilai sig.(2-tailed) < 0,05 yang menunjukkan angka 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Besar nilai perbedaan antara pre-test dan post test dapat dilihat dari hasil mean uji paired sampel t test yang menunjukkan angka 12,8. Simpulan, diketahui ada perbedaan antara hasil pre-test dan posttest yang menunjukkan terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan self control siswa kelas X Perhotelan di SMK Negeri 4 Surakarta, nilai perbedaan antara pre-test dan post-test adalah sebesar 12,8.

Article Details

Author Biographies

Chrisanta Kezia Yemima, Universitas Tunas Pembangunan

Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Suci Prasasti, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Dosen Bimbingan dan Konseling UTP

Usmani Haryanti, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Dosen Bimbingan dan Konseling UTP
How to Cite
Yemima, C. K., Prasasti, S., & Haryanti, U. (2022). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN SELF CONTROL SISWA ERA PANDEMI COVID-19. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 99–105. https://doi.org/10.33369/consilia.5.2.99-105

References

  1. Amalia putri. 2016. “Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 1(1): 19.
  2. Dwi Marsela, Ramadona, and Mamat Supriatna. 2019. “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor.” Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 3(2): 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling.
  3. Jelita, Hariti Rahma, and Yuli Aslamawati. 2020. “Studi Deskriptif Self-Control Remaja Di Tengah Wabah Covid-19 Di DKI Jakarta.” Prosiding Psikologi 6(2): 259–64. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/22397/pdf.
  4. Lestari, Trima Ana. 2019. “Eknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik SMP Perintis 2 Bandar Lampung.” Skripsi.
  5. Nurhanifa, Aulia, Efri Widianti, and Ahmad Yamin. 2020. “Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Remaja.” Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa 3(4): 527–40. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/download/727/374.
  6. Siregar, M Deni. 2015. “Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan KelompokUntuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Sebuah Studi Persepsi).” Jurnal Educatio 10(1): 147–59.
  7. Sitompul, Dian Novianti. “Pengaruh Penerapan-Layanan-Bimbingan-Kelompok-Teknik-Role-Playing-Terhadap-Peril Jurnal New.” Jurnal EduTech volume 1.
  8. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  9. Veneziano, Rémi. 2017. “Peningkatan Self Control Melalui Konseling Kelompok Teknik Modelling Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Pelita Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2016/2017.” ??????? ??????????????? 6: 5–9.
  10. Yuliandita, Selvya. 2016. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp n 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016.” Skripsi.UNNES