Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan Bimbingan Kelompok teknik Role Playing terhadap peningkatan self-control siswa yang rendah kelas X Perhotelan era pandemic Covid-19 di SMK Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel penelitian sebanyak 10 siswa kelas X Perhotelan 1. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan rumus product moment, reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha, dan analisis data dengan menggunakan uji t. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sampel t test yang telah dilaksanakan. Hasil uji paired sampel t test menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 5,616 dimana 5,616 > 1,833. Selain itu, nilai sig.(2-tailed) < 0,05 yang menunjukkan angka 0,000 dimana 0,000 < 0,05. Besar nilai perbedaan antara pre-test dan post test dapat dilihat dari hasil mean uji paired sampel t test yang menunjukkan angka 12,8. Simpulan, diketahui ada perbedaan antara hasil pre-test dan posttest yang menunjukkan terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan self control siswa kelas X Perhotelan di SMK Negeri 4 Surakarta, nilai perbedaan antara pre-test dan post-test adalah sebesar 12,8.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amalia putri. 2016. “Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 1(1): 19.
- Dwi Marsela, Ramadona, and Mamat Supriatna. 2019. “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor.” Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 3(2): 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling.
- Jelita, Hariti Rahma, and Yuli Aslamawati. 2020. “Studi Deskriptif Self-Control Remaja Di Tengah Wabah Covid-19 Di DKI Jakarta.” Prosiding Psikologi 6(2): 259–64. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/22397/pdf.
- Lestari, Trima Ana. 2019. “Eknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik SMP Perintis 2 Bandar Lampung.” Skripsi.
- Nurhanifa, Aulia, Efri Widianti, and Ahmad Yamin. 2020. “Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Remaja.” Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa 3(4): 527–40. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/download/727/374.
- Siregar, M Deni. 2015. “Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan KelompokUntuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Sebuah Studi Persepsi).” Jurnal Educatio 10(1): 147–59.
- Sitompul, Dian Novianti. “Pengaruh Penerapan-Layanan-Bimbingan-Kelompok-Teknik-Role-Playing-Terhadap-Peril Jurnal New.” Jurnal EduTech volume 1.
- Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Veneziano, Rémi. 2017. “Peningkatan Self Control Melalui Konseling Kelompok Teknik Modelling Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Pelita Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2016/2017.” ??????? ??????????????? 6: 5–9.
- Yuliandita, Selvya. 2016. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp n 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016.” Skripsi.UNNES
References
Amalia putri. 2016. “Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 1(1): 19.
Dwi Marsela, Ramadona, and Mamat Supriatna. 2019. “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor.” Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 3(2): 65–69. http://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling.
Jelita, Hariti Rahma, and Yuli Aslamawati. 2020. “Studi Deskriptif Self-Control Remaja Di Tengah Wabah Covid-19 Di DKI Jakarta.” Prosiding Psikologi 6(2): 259–64. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/22397/pdf.
Lestari, Trima Ana. 2019. “Eknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Peserta Didik SMP Perintis 2 Bandar Lampung.” Skripsi.
Nurhanifa, Aulia, Efri Widianti, and Ahmad Yamin. 2020. “Kontrol Diri Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Remaja.” Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa 3(4): 527–40. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/download/727/374.
Siregar, M Deni. 2015. “Kontribusi Pemberian Layanan Bimbingan KelompokUntuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa (Sebuah Studi Persepsi).” Jurnal Educatio 10(1): 147–59.
Sitompul, Dian Novianti. “Pengaruh Penerapan-Layanan-Bimbingan-Kelompok-Teknik-Role-Playing-Terhadap-Peril Jurnal New.” Jurnal EduTech volume 1.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Veneziano, Rémi. 2017. “Peningkatan Self Control Melalui Konseling Kelompok Teknik Modelling Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Pelita Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2016/2017.” ??????? ??????????????? 6: 5–9.
Yuliandita, Selvya. 2016. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas Ix Di Smp n 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016.” Skripsi.UNNES