Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan Bimbingan kelompok dengan teknik Sosiodrama terhadap tingkat hubungan sosial siswa di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dengan one-group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kota Bengkulu di kelas 7.1. Sampel penelitian berjumlah 8 orang yang mengalami tingkat hubungan sosial rendah. Teknik pengambilan data mengunakan kuisoner (angket) dengan skala model Likert. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji T (paired sample test). nilai T adalah -12.901 dan taraf signifikannya adalah 0.000 Ho (ditolak) dan Ha (diterima), artinya adanya peranan layanan bimbingan kelompok secara signifikan dalam meningkatkan Hubungan sosial siswa dan hasil uji T negative (-12.901). artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap tingkat hubungan sosial remaja sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di kelas 7.1 SMP Negeri 1 kota Bengkulu. Kata Kunci :Tingkat Hubungan Sosial Remaja, Bimbingan Kelompok,Sosiodrama

Article Details

How to Cite
sugetaprasetyo, ekky, Syahriman, S., & sulian, I. (2022). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP TINGKAT HUBUNGAN SOSIAL REMAJA DI KELAS VII SMPN 1 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 125–134. https://doi.org/10.33369/consilia.5.2.125-134

References

  1. Choeriyah, M. (2011). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial antar Teman Sebaya
  2. Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Islam
  3. Wonopringgo Pekalongan. 1–230.
  4. Fajar, E. N., Hidayati, A., & Maynawati, A. F. R. N. (2019). Pengaruh Layanan
  5. Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Self Disclosure. Edudikara:
  6. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1–10.
  7. Fatnar, Virgia ningrum, & Anam, C. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja
  8. Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal
  9. Fakultas Psikologi, 2(2), 71–75.
  10. Fauziah, A. Y., & Pradipta, R. F. (2018). Implementasi Metode Sosiodrama dalam
  11. Mengasah Pelafalan Kalimat Anak Tunarungu Kelas XI. Jurnal ORTOPEDAGOGIA,
  12. (2), 82–86.
  13. Hanafi, H. (2020). Pola Kelompok Sosial Siswa (D. K. & N. R. Fatoni (ed.); p. 138).
  14. Bildung
  15. Khalilah, E. (2018). Layanan dan Bimbingan Konseling Pribadi Sosial dalam
  16. Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. Journal Of Islamic Guidance
  17. and Counseling, 1(1), 57.
  18. Mulyanto, I. W. (2019). efektifitas teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok
  19. terhadap peningkatan percaya diri siswa. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu
  20. Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 9–19.
  21. Prayitno. (1995). layanan bimbingan dan konseling kelompok. Ghalia Indonesia.
  22. Sanjaya, A., & Rusdi, I. (2012). Chemical and Enzymatic Oxidation Of 4-Methylcatechol
  23. In The Presence And Absen Hubungan Interaksi Sosial Dengan Kesepian Pada
  24. Lansia. Biochimica et Biophysica Acta (BBA)/Protein Structure and Molecular, 26–
  25. Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian Dr. Sandu Siyoto, SKM,
  26. M.Kes M. Ali Sodik, M.A. 1.
  27. Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
  28. Supardi. (2017). Statistik Penelitian Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada. Depok
  29. Umar, H. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta:
  30. Rajawali Pers
  31. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun. (2003). Undang-undang republik
  32. Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. In Undangundang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.