Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap regulasi emosi dalam interaksi siswa dengan teman sebaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan Pre Experimental Design. Alternatif pendekatan yang digunakan adalah the one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 10 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.803a dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.005 yang berarti 0.005<0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan regulasi emosi dalam interaksi dengan teman sebaya siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.
Kata kunci: bimbingan kelompok, sosiodrama, regulasi emosi, teman
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anggreiny, Nila. (2014). “Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Remaja Korban Kekerasan Seksual”. Tesis. Magister Psikologi Profesi Kekhususan Klinis Anak : Universitas Sumatera Utara.
- Fitriani, Yulia & Alsa, Asmadi. (2015). “Relaksasi Autogenik untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Siswa SMP ISSN : 2407-7801 di UGM”, Journal of Psychology, Vol. 1, No. 3 : 149-162.
- Goleman & Daniel. (2007). Social Intelligence: Ilmu Baru tentang Hubungan Antar Manusia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
- Hurlock, Elizabeth B. (2002). Psikologi Perkembangan edisi ke-5. Jakarta : Erlangga.
- Krisnamurti, Ria. (2013). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas VB SD Negeri Pujokusuman 1 Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Negeri Yogyakarta.
- Romlah, Tatiek. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.
- Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
- Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan cetakan ke-2. Jakarta : Kencana Media Group.
- Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
- Sulistyo, Ery. (2014). “Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan”. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Sunarto, H & Hartono, Agung. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.
- Suwatra & Desia. (2013). Sosiologi Pendidikan. Singaraja : Undiksha.
- Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi). Jakarta : Grafindo Persada.
- Wingkel. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.
References
Anggreiny, Nila. (2014). “Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Remaja Korban Kekerasan Seksual”. Tesis. Magister Psikologi Profesi Kekhususan Klinis Anak : Universitas Sumatera Utara.
Fitriani, Yulia & Alsa, Asmadi. (2015). “Relaksasi Autogenik untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Siswa SMP ISSN : 2407-7801 di UGM”, Journal of Psychology, Vol. 1, No. 3 : 149-162.
Goleman & Daniel. (2007). Social Intelligence: Ilmu Baru tentang Hubungan Antar Manusia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, Elizabeth B. (2002). Psikologi Perkembangan edisi ke-5. Jakarta : Erlangga.
Krisnamurti, Ria. (2013). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas VB SD Negeri Pujokusuman 1 Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Negeri Yogyakarta.
Romlah, Tatiek. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.
Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan cetakan ke-2. Jakarta : Kencana Media Group.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistyo, Ery. (2014). “Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan”. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sunarto, H & Hartono, Agung. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.
Suwatra & Desia. (2013). Sosiologi Pendidikan. Singaraja : Undiksha.
Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi). Jakarta : Grafindo Persada.
Wingkel. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.