Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap regulasi emosi dalam interaksi siswa dengan teman sebaya. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan Pre Experimental Design. Alternatif pendekatan yang digunakan adalah the one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu yang berjumlah 34 siswa. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 10 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi emosi meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.803a dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.005 yang berarti 0.005<0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk meningkatkan regulasi emosi dalam interaksi dengan teman sebaya siswa kelas X IIS 5 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu.

Kata kunci: bimbingan kelompok, sosiodrama, regulasi emosi, teman

Article Details

How to Cite
Lubis, A., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PADA SISWA SMA DI KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 43–51. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.43-51

References

  1. Anggreiny, Nila. (2014). “Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Remaja Korban Kekerasan Seksual”. Tesis. Magister Psikologi Profesi Kekhususan Klinis Anak : Universitas Sumatera Utara.
  2. Fitriani, Yulia & Alsa, Asmadi. (2015). “Relaksasi Autogenik untuk Meningkatkan Regulasi Emosi pada Siswa SMP ISSN : 2407-7801 di UGM”, Journal of Psychology, Vol. 1, No. 3 : 149-162.
  3. Goleman & Daniel. (2007). Social Intelligence: Ilmu Baru tentang Hubungan Antar Manusia. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
  4. Hurlock, Elizabeth B. (2002). Psikologi Perkembangan edisi ke-5. Jakarta : Erlangga.
  5. Krisnamurti, Ria. (2013). “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa Kelas VB SD Negeri Pujokusuman 1 Tahun Ajaran 2012/2013”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan : Universitas Negeri Yogyakarta.
  6. Romlah, Tatiek. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang.
  7. Rusman. (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
  8. Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan cetakan ke-2. Jakarta : Kencana Media Group.
  9. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  10. Sulistyo, Ery. (2014). “Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Kecemasan Menghadapi Pertandingan”. Skripsi. Fakultas Psikologi : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  11. Sunarto, H & Hartono, Agung. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.
  12. Suwatra & Desia. (2013). Sosiologi Pendidikan. Singaraja : Undiksha.
  13. Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi). Jakarta : Grafindo Persada.
  14. Wingkel. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.