Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kontrol diri dan pengaruh tingkat kontrol diri terhadap kecenderungan perilaku agresif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 07 Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen. Subjek penelitian adalah XI teknik Sepeda Motor yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala kontrol diri dan skala perilaku agresif. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t test dananalisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh layanan penguasaan konten terhadap kontrol diri. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa taraf signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 (p<0,05) sehingga Ho ditolak. Dengan demikian kontrol diri meningkat melalui layanan penguasaan konten. Hasil analisis regresi menunjukkan signifikansi 0,010 (p<0,05). Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,317, ini berarti bahwa kontrol diri memiliki kontribusi sebesar 31,7% terhadap perilaku agresif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 07 Bengkulu Utara.
Kata kunci: kompetensi kontrol diri, perilaku agresif, layanan penguasaan konten
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anonim. (2016). Pelajar SMK N 1 dan SMK N 4 Tawuran, dari http://www.harianrakyatbengkulu.com, diunduh 3 Februari 2017.
- Aroma, Iga Serpianing dan Dewi Retno Suminar. (2012). “Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 01 No. 02, Juni 2012.
- Auliya, Miftahul &Nurwidawati, Desi. (2014).“Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sma Negeri 1 Padangan Bojonegoro”. Jurnal UNESA. Vol.2, No.3, tahun 2104.
- Dini, Ferina Oktavia &Indrijati, Herdina.(2014). “Hubungan Antara Kesepian dengan Perilaku Agresif Pada Anak Didik di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar”. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Vol.03 No.03. Desember 2014.
- Fadly, Rendy Tubagus. (2015). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Merokok Pada Pengurus Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
- Ghufron, M. Nur dan Rini Rismawita. (2014). “Teori-teori Psikologi”. Yogjakarta : Ar-ruzz Media.
- Nisfiannoor, M & Yulianti, Eka.(2005). “Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja Yang Berasal Dari Keluarga Bercerai Dengan Keluarga Utuh”. Jurnal Psikologi. Vol.3, No.1, Juni 2005.
- Prayitno. (2004). “L.1 – L.9”. Padang: Universitas Negeri Padang.
- Sakti, Daru Dewa. (2015). Upaya MeningkatkanKemampuan Manajemen Diri Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Self Instruction. Skripsi. Kudus : Universitas Muria Kudus.
- Yuliandita, Selvya. (2015). “Pengaruh Layanan BimbinganKelompok TerhadapPeningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas IX Di SMPN1 Wanasari Kabupaten Brebes”. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
- Yusuf dkk. (2016). “Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa”. Psikopedagogia. Vol. 5, No. 1, 2016.
- Zamzami, Afif. (2007). “Agresivitas Siswa SMK DKI Jakarta”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 069. Tahun ke-13,November 2007.
References
Anonim. (2016). Pelajar SMK N 1 dan SMK N 4 Tawuran, dari http://www.harianrakyatbengkulu.com, diunduh 3 Februari 2017.
Aroma, Iga Serpianing dan Dewi Retno Suminar. (2012). “Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol. 01 No. 02, Juni 2012.
Auliya, Miftahul &Nurwidawati, Desi. (2014).“Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sma Negeri 1 Padangan Bojonegoro”. Jurnal UNESA. Vol.2, No.3, tahun 2104.
Dini, Ferina Oktavia &Indrijati, Herdina.(2014). “Hubungan Antara Kesepian dengan Perilaku Agresif Pada Anak Didik di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar”. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Vol.03 No.03. Desember 2014.
Fadly, Rendy Tubagus. (2015). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku Merokok Pada Pengurus Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Ghufron, M. Nur dan Rini Rismawita. (2014). “Teori-teori Psikologi”. Yogjakarta : Ar-ruzz Media.
Nisfiannoor, M & Yulianti, Eka.(2005). “Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja Yang Berasal Dari Keluarga Bercerai Dengan Keluarga Utuh”. Jurnal Psikologi. Vol.3, No.1, Juni 2005.
Prayitno. (2004). “L.1 – L.9”. Padang: Universitas Negeri Padang.
Sakti, Daru Dewa. (2015). Upaya MeningkatkanKemampuan Manajemen Diri Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Self Instruction. Skripsi. Kudus : Universitas Muria Kudus.
Yuliandita, Selvya. (2015). “Pengaruh Layanan BimbinganKelompok TerhadapPeningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas IX Di SMPN1 Wanasari Kabupaten Brebes”. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Yusuf dkk. (2016). “Program Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Self-Control Siswa”. Psikopedagogia. Vol. 5, No. 1, 2016.
Zamzami, Afif. (2007). “Agresivitas Siswa SMK DKI Jakarta”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 069. Tahun ke-13,November 2007.