Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test desain.Sampel penelitian ini sebanyak 10 orang siswa dari kelas X MIPA B di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu, yang diambil dengan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri siswa.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok terhadap tingkat kepercayaan diri siswa yaitu dengan menggunakan uji z yang hasilnya z= -2.805jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik penguatan positif berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.
Kata kunci: kepercayaan diri, bimbingan kelompok, teknik penguatan positif
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ardita, dkk.(2014). Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif danTeknik Penguatan Positif dalam Meningkatkan Academic Self-Efficacy Pada Siswa Kelas VII.Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
- Gazda, G M. (1984).Group Counseling Developmental Approach. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
- Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Prayitno.(1995). Layanan Bimbingan dan Konseling (dasar dan profil).Padang : Ghalia Indonesia.
- Prayitno.(1994). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta; rineka cipta.
- Sukardi.(2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
- Wahid Murni, dkk. (2010). Keterampilan Dasar Mengajar.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Yusnita, Y. (2011). Kepercayaan Diri Siswa yang Aktif Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 23 Pekanbaru.Skripsi.Universitas Islam Negeri Sultan yarif Kasim Riau Pekan Baru.
References
Ardita, dkk.(2014). Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Latihan Asertif danTeknik Penguatan Positif dalam Meningkatkan Academic Self-Efficacy Pada Siswa Kelas VII.Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Gazda, G M. (1984).Group Counseling Developmental Approach. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prayitno.(1995). Layanan Bimbingan dan Konseling (dasar dan profil).Padang : Ghalia Indonesia.
Prayitno.(1994). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta; rineka cipta.
Sukardi.(2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Wahid Murni, dkk. (2010). Keterampilan Dasar Mengajar.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusnita, Y. (2011). Kepercayaan Diri Siswa yang Aktif Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok di SMP Negeri 23 Pekanbaru.Skripsi.Universitas Islam Negeri Sultan yarif Kasim Riau Pekan Baru.