Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat penghasilan orang-tua dengan relasi pertemanan siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Argamakmur. Sampel penelitian ini berjumlah 76 orang siswa yang diambil dengan teknik random sampling dari seluruh kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi Chi Kwadrad. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara tingkat penghasilan orang-tua dengan relasi pertemanan siswa dengan sebesar 21,490 dan nilai signifikan sebesar 0,006 (p<0,05). Hal ini menujukkan bahwa terdapat hubungan positif antara  tingkat penghasilan orang-tua dengan relasi pertemanan siswa, artinya siswa yang memiliki orang-tua dengan tingkat penghasilan tinggi dapat menjalin relasi pertemanan yang tinggi terhadap teman sebaya, dan siswa yang memiliki orang-tua dengan tingkat penghasilan rendah menjalin relasi pertemanan yang rendah dengan teman sebayanya.

Kata kunci: tingkat penghasilan orang tua, pertemanan siswa

Article Details

How to Cite
Harnanda, L., Hadiwinarto, H., & Sinthia, R. (2018). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGHASILAN ORANG-TUA DENGAN RELASI PERTEMANAN SISWA DI SMP ARGAMAKMUR. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 29–38. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.29-38

References

  1. Arif, Muhammad M. (2014). “Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya dengan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bedagas Kecamatan Pengadegan kabupaten Purbalingga”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  3. Bagus, Arie Yusdianto. (2015). “Hubungan Penghasilan Orang-tua terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Surabaya. Volume 03, Nomor 02. 410 - 419.
  4. Bangun, Muhammad dan Ari Wahyudi. (2016). “Pengaruh Status Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Jombang”. Jurnal Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya.Volume 04, Nomor 01. 206.
  5. Caroline, dkk. (2015). “Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang-tua dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Angakatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi”. Jurnal e-Biomedik, Volume 3, Nomor 1. 303.
  6. Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.
  7. Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP
  8. Indri, Danti. (2016). “Pengaruh Pergaulan Kelompok Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siwa Kelas XI Ips SMA Negeri 1 Parakan Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Akuntansi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  9. Nurul, Fitri dan Sri Kustini. (2014). “Pengaruh Minat Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang-tua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 3, Nomor 2. 249.
  10. Rizki, Voni A. (2014). Studi Deskriptif Pada Siswa Akselerasi Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  11. Rokhmatika, Lailatul dan Eko Darminto. (2013). “Hubungan Antara Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri di Sekolah Pada Siswa Kelas Unggulan”.Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Universitas Negeri Surabaya. Volume 01, Nomor 01. 147-157.
  12. ¬________ (2007). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.
  13. Silalahi. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama
  14. Waridah, Siti dkk. (2009). Sosiologi Untuk SMA Kelas 2. Jakarta: Bumi Aksara.