Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok melalui teknik modelling dalam membentuk keterampilan kepemimpian siswa di SMKS 16 Famasi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Teknik pengambilan sampel pada penelitinan ini menggunakn teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa dari kelas X D yang memiliki tingkat keterampilan kepemimpinan rendah dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan keterampilan kepemimpinan meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = 0.018 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan kepemimpinan siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling.

 

Kata kunci: kepemimpinan, layanan konseling kelompok, modelling

Article Details

How to Cite
Kuswara, R., Hartuti, P., & Sinthia, R. (2018). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MODELLING DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN SISWA. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.39-48

References

  1. Anoraga, (2003). Psikologi kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Ariwibowo, R.N (2011). “Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan”. Skripsi: Universitas Diponogoro
  3. Hidayat, (2011). Psikologi Kepribadian. Bogor: Ghalia Indonesia
  4. Hurlock, (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
  5. Pahlawan, (2005). Kepemimpinan Islam dan Dakwah. Jakarta: Amzah.
  6. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan Profil. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Rohadi, (2015). Keterampilan Dan Nilai Sebagai Materi Dalam Pendidikan. Http://iptekdakhlan.blogspot.com/2012/09/keterampilan-dan-nilai-sebagai-materi.html.,diunduh 11 Juni 2017.
  8. Susati, P. (2013). “Penerapan konseling kelompok dengan setrategi modeling simbolis untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam layanan informasi”. Jurnal BK Unesa 4,(1), 16-21. Diakses pada 18 Januari 2017.
  9. Sutanti, T. (2015).”Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa BK Universitas Ahmad Dahlan”. Jurnal Psikologi Pendidikan 1,(2),188-198. Diakses pada 19 Januari 2017.
  10. Wibowo. (2005). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap disiplin belajar siswa”. Jurnal penelitian dan pendidikan. 8,(1),22-32. Diunduh dari http://Konselingkita.com /tanggal 18 Januari 2017.
  11. Wirawan. (2013). Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.