Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok melalui teknik modelling dalam membentuk keterampilan kepemimpian siswa di SMKS 16 Famasi Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Teknik pengambilan sampel pada penelitinan ini menggunakn teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa dari kelas X D yang memiliki tingkat keterampilan kepemimpinan rendah dan sangat rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan keterampilan kepemimpinan meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = 0.018 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan kepemimpinan siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling.
Kata kunci: kepemimpinan, layanan konseling kelompok, modelling
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anoraga, (2003). Psikologi kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta
- Ariwibowo, R.N (2011). “Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan”. Skripsi: Universitas Diponogoro
- Hidayat, (2011). Psikologi Kepribadian. Bogor: Ghalia Indonesia
- Hurlock, (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
- Pahlawan, (2005). Kepemimpinan Islam dan Dakwah. Jakarta: Amzah.
- Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan Profil. Jakarta: Rineka Cipta.
- Rohadi, (2015). Keterampilan Dan Nilai Sebagai Materi Dalam Pendidikan. Http://iptekdakhlan.blogspot.com/2012/09/keterampilan-dan-nilai-sebagai-materi.html.,diunduh 11 Juni 2017.
- Susati, P. (2013). “Penerapan konseling kelompok dengan setrategi modeling simbolis untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam layanan informasi”. Jurnal BK Unesa 4,(1), 16-21. Diakses pada 18 Januari 2017.
- Sutanti, T. (2015).”Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa BK Universitas Ahmad Dahlan”. Jurnal Psikologi Pendidikan 1,(2),188-198. Diakses pada 19 Januari 2017.
- Wibowo. (2005). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap disiplin belajar siswa”. Jurnal penelitian dan pendidikan. 8,(1),22-32. Diunduh dari http://Konselingkita.com /tanggal 18 Januari 2017.
- Wirawan. (2013). Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
References
Anoraga, (2003). Psikologi kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta
Ariwibowo, R.N (2011). “Pengaruh kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja karyawan”. Skripsi: Universitas Diponogoro
Hidayat, (2011). Psikologi Kepribadian. Bogor: Ghalia Indonesia
Hurlock, (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Pahlawan, (2005). Kepemimpinan Islam dan Dakwah. Jakarta: Amzah.
Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan Profil. Jakarta: Rineka Cipta.
Rohadi, (2015). Keterampilan Dan Nilai Sebagai Materi Dalam Pendidikan. Http://iptekdakhlan.blogspot.com/2012/09/keterampilan-dan-nilai-sebagai-materi.html.,diunduh 11 Juni 2017.
Susati, P. (2013). “Penerapan konseling kelompok dengan setrategi modeling simbolis untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam layanan informasi”. Jurnal BK Unesa 4,(1), 16-21. Diakses pada 18 Januari 2017.
Sutanti, T. (2015).”Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa BK Universitas Ahmad Dahlan”. Jurnal Psikologi Pendidikan 1,(2),188-198. Diakses pada 19 Januari 2017.
Wibowo. (2005). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap disiplin belajar siswa”. Jurnal penelitian dan pendidikan. 8,(1),22-32. Diunduh dari http://Konselingkita.com /tanggal 18 Januari 2017.
Wirawan. (2013). Kepemimpinan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.