Main Article Content

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain one group pre-test dan post-test, yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum melaksanakan konseling kelompok dan setelah melaksanakan konseling kelompok. Sampel penelitian adalah 10 orang siswa, yang terdiri 8 orang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal pada kategori rendah, dan dua (2) orang siswa pada kategori sedang. Teknik yang digunakan dalam penelian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Likert yaitu skala kemampuan komunikasi interpersonal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus Wilcoxon (uji Z), menggunakan SPSS 21. Hasilnya diperoleh 0.001 (p<0.05), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: kemampuan komunikasi interpersonal, layanan konseling kelompok

 

Article Details

How to Cite
Juita, R., Hartuti, P., & Mishbahuddin, A. (2018). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 58–66. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.58-66

References

  1. Hurlock, Elizabeth B. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlagga.
  2. Mashudi, farid. (2011). Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD,
  3. Mardiah. (2011). “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Antinggola Kabupaten Gorontalo Utara”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Volume 8, No 1.
  4. Maulana Herdiyan; Gumelar Gumgum. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Permata Media.
  5. Siska; Sudarjo; Purnamaningsih, Hayu E. (2003). “Kepercayaan Diri dan kecemasan komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa”, Jurnal Psikologi. No. 2, 67-71.
  6. Susanti, Fitria; Siswati; Widodo., Budi P. (2010). “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kompetensi Interpersonal Dengan Teman Sebaya Pada Siswa SD”, Jurnal Psikologi Undip, Vol 8, No 2.