Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis desain one group pre-test dan post-test, yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum melaksanakan konseling kelompok dan setelah melaksanakan konseling kelompok. Sampel penelitian adalah 10 orang siswa, yang terdiri 8 orang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi interpersonal pada kategori rendah, dan dua (2) orang siswa pada kategori sedang. Teknik yang digunakan dalam penelian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan Skala Likert yaitu skala kemampuan komunikasi interpersonal. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus Wilcoxon (uji Z), menggunakan SPSS 21. Hasilnya diperoleh 0.001 (p<0.05), sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.
Kata kunci: kemampuan komunikasi interpersonal, layanan konseling kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hurlock, Elizabeth B. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlagga.
- Mashudi, farid. (2011). Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD,
- Mardiah. (2011). “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Antinggola Kabupaten Gorontalo Utara”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Volume 8, No 1.
- Maulana Herdiyan; Gumelar Gumgum. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Permata Media.
- Siska; Sudarjo; Purnamaningsih, Hayu E. (2003). “Kepercayaan Diri dan kecemasan komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa”, Jurnal Psikologi. No. 2, 67-71.
- Susanti, Fitria; Siswati; Widodo., Budi P. (2010). “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kompetensi Interpersonal Dengan Teman Sebaya Pada Siswa SD”, Jurnal Psikologi Undip, Vol 8, No 2.
References
Hurlock, Elizabeth B. (2006). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlagga.
Mashudi, farid. (2011). Psikologi Konseling. Yogyakarta: IRCiSoD,
Mardiah. (2011). “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Antinggola Kabupaten Gorontalo Utara”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan. Volume 8, No 1.
Maulana Herdiyan; Gumelar Gumgum. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta: Permata Media.
Siska; Sudarjo; Purnamaningsih, Hayu E. (2003). “Kepercayaan Diri dan kecemasan komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa”, Jurnal Psikologi. No. 2, 67-71.
Susanti, Fitria; Siswati; Widodo., Budi P. (2010). “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kompetensi Interpersonal Dengan Teman Sebaya Pada Siswa SD”, Jurnal Psikologi Undip, Vol 8, No 2.