Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap terhadap self-esteem dan motivasi berprestasi anak tunagrahitaSLB Negeri Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self-esteem dan motivasi berprestasi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita dengan tingkatan pendidikan SMKLB yang memiliki self-esteem dan motivasi berprestasi rendah.Hasilpenelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan informasi terhadap self-esteem dan motivasi berprestasi pada siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t = -9,244 variabel self-esteem dan t = -6,217 motivasi berprestasi, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi terhadap self-esteemdan motivasi berprestasi anak tunagrahita SLB Negeri Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: layanan informasi, self-esteem dan motivasi berprestasi

Article Details

How to Cite
Ikramullah, S., Dharmayana, I. W., & Sulian, I. (2018). PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP SELF-ESTEEM DAN MOTIVASI BERPRESTASI ANAK TUNAGRAHITA SLB NEGERI KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 67–75. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.67-75

References

  1. Adila, M.D. (2010). “Hubungan Self Esteem Dengan Optimisme Meraih Kesuksesan Karir Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta”. Skripsi Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, No. 49:1-129.
  2. Akhmad Sudrajat. (2014), permendikbud no 111 tahun 2014 tentang bimbingan dan konseling, dari https://akhmadsudajat.files.wordpress.com, diunduh 21 desember 2016.
  3. Aqib, Zainal. (2012) Ikhtisar Bimbingan & Konseling Di Sekolah, bandung:Yrama Widya.
  4. Arifin, zainal. (2016). “Evaluasi pembelajaran anak Berkebutuhan
  5. Khusus (ABK)”. Tafaqquh:jurnal penelitian dan kajian keislamian, vol.4, No.92.
  6. Ardhini, Dyah. (2012), “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Olahra Smp Negeri 4 Purbalingga”, Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
  7. Oktaviani Ridha, (2008), “Self-Esteem”, Jurnal Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Vol.4, No.9:1-19.
  8. Somantri, Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. RefikaAditama.
  9. Sugiyanto, (2013) “Pentingnya Motivasi Berprestasi Dalam Mencapai Keberhasilan Akademik Siswa” , Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Yogyakarta, No.5:1-15.