Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap terhadap self-esteem dan motivasi berprestasi anak tunagrahitaSLB Negeri Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala self-esteem dan motivasi berprestasi. Sampel dalam penelitian ini adalah anak tunagrahita dengan tingkatan pendidikan SMKLB yang memiliki self-esteem dan motivasi berprestasi rendah.Hasilpenelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan informasi terhadap self-esteem dan motivasi berprestasi pada siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t = -9,244 variabel self-esteem dan t = -6,217 motivasi berprestasi, ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi terhadap self-esteemdan motivasi berprestasi anak tunagrahita SLB Negeri Kota Bengkulu.
Kata kunci: layanan informasi, self-esteem dan motivasi berprestasi
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adila, M.D. (2010). “Hubungan Self Esteem Dengan Optimisme Meraih Kesuksesan Karir Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta”. Skripsi Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, No. 49:1-129.
- Akhmad Sudrajat. (2014), permendikbud no 111 tahun 2014 tentang bimbingan dan konseling, dari https://akhmadsudajat.files.wordpress.com, diunduh 21 desember 2016.
- Aqib, Zainal. (2012) Ikhtisar Bimbingan & Konseling Di Sekolah, bandung:Yrama Widya.
- Arifin, zainal. (2016). “Evaluasi pembelajaran anak Berkebutuhan
- Khusus (ABK)”. Tafaqquh:jurnal penelitian dan kajian keislamian, vol.4, No.92.
- Ardhini, Dyah. (2012), “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Olahra Smp Negeri 4 Purbalingga”, Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
- Oktaviani Ridha, (2008), “Self-Esteem”, Jurnal Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Vol.4, No.9:1-19.
- Somantri, Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. RefikaAditama.
- Sugiyanto, (2013) “Pentingnya Motivasi Berprestasi Dalam Mencapai Keberhasilan Akademik Siswa” , Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Yogyakarta, No.5:1-15.
References
Adila, M.D. (2010). “Hubungan Self Esteem Dengan Optimisme Meraih Kesuksesan Karir Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta”. Skripsi Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, No. 49:1-129.
Akhmad Sudrajat. (2014), permendikbud no 111 tahun 2014 tentang bimbingan dan konseling, dari https://akhmadsudajat.files.wordpress.com, diunduh 21 desember 2016.
Aqib, Zainal. (2012) Ikhtisar Bimbingan & Konseling Di Sekolah, bandung:Yrama Widya.
Arifin, zainal. (2016). “Evaluasi pembelajaran anak Berkebutuhan
Khusus (ABK)”. Tafaqquh:jurnal penelitian dan kajian keislamian, vol.4, No.92.
Ardhini, Dyah. (2012), “Hubungan Motivasi Berprestasi Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Olahra Smp Negeri 4 Purbalingga”, Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Oktaviani Ridha, (2008), “Self-Esteem”, Jurnal Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Vol.4, No.9:1-19.
Somantri, Sutjihati. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. RefikaAditama.
Sugiyanto, (2013) “Pentingnya Motivasi Berprestasi Dalam Mencapai Keberhasilan Akademik Siswa” , Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu PendidikanUniversitas Negeri Yogyakarta, No.5:1-15.