Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan  kelompok  terhadap  perilaku  prososial  siswa kelas VII. A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.  Metode  yang  digunakan yaitu  ekperimen  one  group  pretest- posttest design. Subjek penelitian ini yaitu 12 siswa kelas VII. A  yang dipilih menggunakan teknik  purposive  sampling.  Pengumpulan  data  pada  penelitian  ini menggunakan  skala perilaku prososial. Hasil penelitian ini menunjukkan 12 siswa kelas VII.A  meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Nilai z = -3063, (p < 0,05) ini berarti menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa Kelas VII.A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci: perilaku prososial, layanan bimbingan kelompok

Article Details

How to Cite
Wulandari, T., Dharmayana, I. W., & Afriyati, V. (2018). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 76–85. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.76-85

References

  1. Baron, R.A., & Byrne, D.(2005). Psikologi sosial jilid 2 edisi kesepuluh. Jakarta: Erlangga.
  2. Darmadji, A (2011).Prilaku prososial vs kekerasan sosial: Sebuah Tinjauan Pendidikan Islam”. Jurnal universitas islam indonesia Vol IV. No.1. dari http//jurnal uji.ac.id diunduh 10 Januari 2017.
  3. Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang : UMM press.
  4. Prayitno, (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  5. Sarwono, S.W (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba humanika
  6. Sears, O.S., Freedman,J.L dan Peplau, L.A. (1991) Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  7. Gerungan, W.A. (2010). Psikologi Sosisial. Bandung : PT Refika Aditama.