Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing) dalam meningkatkan kecerdasaan emosi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen. Jenis penelitian pre-eksperimental yang digunakan yaitu one-group pre-test dan post-test design. Sampel penelitian terpilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument skala kecerdasan emosi yang sebelum digunakan di uji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t (22) = -27.161, denganSignifikansi (2-tailed) 0.000. Itu berarti nilai Sign. (2-tailed) (p<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kecerdasaan emosi siswa kelas VIII A sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecerdasaan emosi dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing).
Kata kunci : layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing), kecerdasaan emosi
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Goleman, Daniel. (1996). emotional Intelligence Kecerdasaan Emosional Mengapa EL Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Grewal, D, Salovey, P. (2005). “Feeling Smart: The Science of Emotional Intelligence”, American Scientist, Vol.93, No.4, 330-339.
- Prayitno. (2004) . L1-L9. Prodi BK FIP UNP. Padang
- Santrock, J.W. (2007). Ahli Bahasa: Shinto, B.A. & Sherly, S. Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- Sarwono, S.W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sugiono. (2008). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.
- Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madan
- Zuriah, Nurul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
References
Goleman, Daniel. (1996). emotional Intelligence Kecerdasaan Emosional Mengapa EL Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Grewal, D, Salovey, P. (2005). “Feeling Smart: The Science of Emotional Intelligence”, American Scientist, Vol.93, No.4, 330-339.
Prayitno. (2004) . L1-L9. Prodi BK FIP UNP. Padang
Santrock, J.W. (2007). Ahli Bahasa: Shinto, B.A. & Sherly, S. Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sarwono, S.W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiono. (2008). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.
Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madan
Zuriah, Nurul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara