Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing) dalam meningkatkan kecerdasaan emosi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen. Jenis penelitian pre-eksperimental yang digunakan yaitu one-group pre-test dan post-test design. Sampel penelitian terpilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument skala kecerdasan emosi yang sebelum digunakan di uji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t (22) = -27.161, denganSignifikansi (2-tailed) 0.000. Itu berarti nilai Sign. (2-tailed) (p<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kecerdasaan emosi siswa kelas VIII A sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kecerdasaan emosi dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing).

 

Kata kunci : layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran (role playing), kecerdasaan emosi

Article Details

How to Cite
Pepriyanti, N. P., Wasidi, W., & Afriyati, V. (2018). PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI PADA SISWA SMPN KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.33369/consilia.1.2.86-95

References

  1. Goleman, Daniel. (1996). emotional Intelligence Kecerdasaan Emosional Mengapa EL Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  2. Grewal, D, Salovey, P. (2005). “Feeling Smart: The Science of Emotional Intelligence”, American Scientist, Vol.93, No.4, 330-339.
  3. Prayitno. (2004) . L1-L9. Prodi BK FIP UNP. Padang
  4. Santrock, J.W. (2007). Ahli Bahasa: Shinto, B.A. & Sherly, S. Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  5. Sarwono, S.W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
  6. Sugiono. (2008). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R &D. Bandung: Alfabeta.
  7. Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madan
  8. Zuriah, Nurul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara