Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Pendidikan berdasarkan keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapat sampel sebanyak 158 mahasiswa. Data diperoleh melalui pemberian angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa interaksi sosial mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Pendidikan berdasarkan keterlibatan dalam kegiatan organisasi kemahasiswaan di FKIP Universitas Bengkulu, menunjukan bahwa 2% mahasiswa memiliki tingkat keterlibatan organisasi yang sangat tinggi, tingkat keterlibatan organisasi tinggi mayoritas memiliki tingkat interaksi sosial yang tinggi pula dengan persentase 56% sedangkan tingkat keterlibatan organisasi rendah mayoritas memiliki tingkat interaksi sosial yang rendah pula dengan persentase 44%, selain itu terdapat 1% mahasiswa dengan tingkat keterlibatan organisasi sangat rendah.
Kata kunci: interaksi sosial, keterlibatan organisasi kemahasiswaan
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Akhir, Galang Ilham. (2014). Hubungan Lingkungan Sosial dan Keaktifan Kegiatan di Kampus dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogjakarta. Skripsi. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta
- Anonim. (2009). Peraturan Rektor Universitas Bengkulu tentang Aturan Dasar Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Bengkulu. Bengkulu
- Caesari dkk (2013). “Kuliah Vs Organisasi Studi kasus mengenai strategi belajar pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi mahasiswa pecinta alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi UNDIP, XII (2), 164-175
- Huang, Y. dan Chang, S. (2004). Academic and Cocurricular Involvement: Their Relasionship and Best Combinations for Student Growth. Jurnal Of College Student Development, 45 (4), 391-406
- Indrawijaya, Adam I. (2002). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo
- Sartika dkk. (2016). Interaksi Sosial Kepengurusan Organisasi Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMSOS) Periode 2014-2015
- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Skripsi. Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji
- Soekanto, Soerjono. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Syarbaini, Syahrial dan Rusdiyanta. (2003). Dasar-dasar Sosiologi. Yogjakarta: Graha Ilmu
- Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi. Jakarta: Rajawali Pers
- Walgito, Bimo. (2008). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset
- Widayanti, Anik. (2005). Perbedaan Interaksi Sosial antara Mahasiswa S1 Yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2004-2005. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
- Yusuf, Syamsu dan A. Juntika. (2005). Landasan Bimbingan &Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Zuriah, Nurul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori- Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara
References
Akhir, Galang Ilham. (2014). Hubungan Lingkungan Sosial dan Keaktifan Kegiatan di Kampus dengan Kompetensi Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogjakarta. Skripsi. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta
Anonim. (2009). Peraturan Rektor Universitas Bengkulu tentang Aturan Dasar Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Bengkulu. Bengkulu
Caesari dkk (2013). “Kuliah Vs Organisasi Studi kasus mengenai strategi belajar pada mahasiswa yang aktif dalam organisasi mahasiswa pecinta alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi UNDIP, XII (2), 164-175
Huang, Y. dan Chang, S. (2004). Academic and Cocurricular Involvement: Their Relasionship and Best Combinations for Student Growth. Jurnal Of College Student Development, 45 (4), 391-406
Indrawijaya, Adam I. (2002). Perilaku Organisasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sartika dkk. (2016). Interaksi Sosial Kepengurusan Organisasi Himpunan Mahasiswa Sosiologi (HIMSOS) Periode 2014-2015
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Skripsi. Tanjung Pinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji
Soekanto, Soerjono. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syarbaini, Syahrial dan Rusdiyanta. (2003). Dasar-dasar Sosiologi. Yogjakarta: Graha Ilmu
Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi. Jakarta: Rajawali Pers
Walgito, Bimo. (2008). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset
Widayanti, Anik. (2005). Perbedaan Interaksi Sosial antara Mahasiswa S1 Yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun Akademik 2004-2005. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Yusuf, Syamsu dan A. Juntika. (2005). Landasan Bimbingan &Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya
Zuriah, Nurul. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori- Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara