Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mendiskripsikan pengaruh bimbingan kelompok berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan nilai-nilai karakter melalui seni tari. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Sanggar Seni Cikak Kota Bengkulu yang berjumlah 40 orang. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 15 orang. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter mengikuti aktivitas bimbingan  kelompok meningkat melaui seni tari, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -3.409b dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001 yang berarti 0.001 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan nilai-nilai karakter melalui seni tari di Sanggar Seni Cikak Kota Bengkulu.

Kata Kunci:Nilai-Nilai Karakter, Bimbingan Kelompok.

Article Details

How to Cite
Sandi, A. M., Hadiwinarto, H., & Mishbahuddin, A. (2020). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI SENI TARI DI SANGGAR SENI CIKAK KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 189–197. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.189-197

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Ajalon. (2012). Eksistensi Seni Dendang Dalam Upacara Perkawinan Adat Di Kota Bengkulu. Bengkulu: Andres Jaya.
  3. Asmani, M.K.(2010). Panduan Efektifitas Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jogjakarta : Diva Press.
  4. Dharma, K. (2012). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  5. Fajarini, U. (2014). “Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter”.Jurnal Sosio Didaktika..Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Vol.1.No.2. 123-130.
  6. Istiawati, N.F. (2016). ”Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa Dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi”. Jurnal Cendekia.Universitas Islam Blitar. Vol.10.No.1. 1-17.
  7. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
  8. Prayitno. (2004). Layanan 1 - Layanan 9. FIP Universitas Padang.
  9. Sukardi, D.K & Nila, K. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta.
  10. Tohirin.(2001). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  11. Tohirin. (2011). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.