Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap efektivitas belajar siswa di SMP Negeri 22 Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa dari kelas VIII B di SMPN 22 Bengkulu dan Sampel 10 yang memiliki efektivitas belajar ketegori rendah dan sedang pada saat pre-test dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkanadanya pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatanefektivitas belajar pada siswa. Hal ini dapat dlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.850 (p<0,05) maka H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatan efektivitas belajar pada siswa.

Kata kunci: penguasaan konten, efektivitas belajar.

Article Details

How to Cite
Rianda, J., & Wasidi, W. (2020). PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 229–235. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.229-235

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Depdiknas. (2003). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Puskur Balitbang.
  3. Firman. H (2004). keefektifan program pembelajaran. Bandung. PT. Grafindo Media Pratama.
  4. Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
  5. Lestari, F.W. (2011). Kedisiplinan Siswa Dalam Mentaati Tata Tertib Melalui Layanan Penguasaan Konten DenganTeknik Modelling Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Semarang tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Jupedasmen, Vol. 3 No.3. Hal. 17- 21.
  6. Martono, N. (2014). Metode Penelitaian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
  7. Mugiarso. (2006). Bimbingan dan Konseling.Semarang: UNNES Press.
  8. Prayitno, (2004). Layanan Penguasaan Konten. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
  9. Sartono, Y. (2014). Peningkatan Tanggungm jawab Belajar Melalui LayananPenguasaan Konten Dengan Teknik Role Playing Siswa Kelas IXC SMP1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Jurnal Didaktikum. Vol.16. No.2. Hal. 6-11.
  10. Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  12. Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  13. Supriyadi. (1994). Efektivitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
  14. Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.