Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap efektivitas belajar siswa di SMP Negeri 22 Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa dari kelas VIII B di SMPN 22 Bengkulu dan Sampel 10 yang memiliki efektivitas belajar ketegori rendah dan sedang pada saat pre-test dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkanadanya pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatanefektivitas belajar pada siswa. Hal ini dapat dlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.850 (p<0,05) maka H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatan efektivitas belajar pada siswa.
Kata kunci: penguasaan konten, efektivitas belajar.
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Depdiknas. (2003). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Puskur Balitbang.
- Firman. H (2004). keefektifan program pembelajaran. Bandung. PT. Grafindo Media Pratama.
- Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
- Lestari, F.W. (2011). Kedisiplinan Siswa Dalam Mentaati Tata Tertib Melalui Layanan Penguasaan Konten DenganTeknik Modelling Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Semarang tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Jupedasmen, Vol. 3 No.3. Hal. 17- 21.
- Martono, N. (2014). Metode Penelitaian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
- Mugiarso. (2006). Bimbingan dan Konseling.Semarang: UNNES Press.
- Prayitno, (2004). Layanan Penguasaan Konten. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
- Sartono, Y. (2014). Peningkatan Tanggungm jawab Belajar Melalui LayananPenguasaan Konten Dengan Teknik Role Playing Siswa Kelas IXC SMP1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Jurnal Didaktikum. Vol.16. No.2. Hal. 6-11.
- Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- Supriyadi. (1994). Efektivitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
- Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.
References
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. (2003). Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Puskur Balitbang.
Firman. H (2004). keefektifan program pembelajaran. Bandung. PT. Grafindo Media Pratama.
Hurlock, E.B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Lestari, F.W. (2011). Kedisiplinan Siswa Dalam Mentaati Tata Tertib Melalui Layanan Penguasaan Konten DenganTeknik Modelling Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Semarang tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Jupedasmen, Vol. 3 No.3. Hal. 17- 21.
Martono, N. (2014). Metode Penelitaian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada.
Mugiarso. (2006). Bimbingan dan Konseling.Semarang: UNNES Press.
Prayitno, (2004). Layanan Penguasaan Konten. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
Sartono, Y. (2014). Peningkatan Tanggungm jawab Belajar Melalui LayananPenguasaan Konten Dengan Teknik Role Playing Siswa Kelas IXC SMP1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Jurnal Didaktikum. Vol.16. No.2. Hal. 6-11.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Supriyadi. (1994). Efektivitas, Kebudayaan, dan Perkembangan Iptek. Bandung: Alfabeta.
Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.