Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efikasi diri siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu, untuk mendeskripsikan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu, dan untuk mendeskripsikan hubungan efikasi diri dengan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII  yang berjumlah 336 siswa, sampel berjumlah 185 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner efikasi diri dan koesioner pengambilan keputusan karir. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bengkulu. Nilai diterminasi (rsquare) sebesar 0,338 dapat diartikan efikasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 33,8% terhadap kemampuan pengambilan keputusan karir sedangkan sisanya 66,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: efikasi diri, kemampuan pengambilan keputusan karir

Article Details

How to Cite
Apriansyah, A., Hadiwinarto, H., & Mishbahuddin, A. (2018). HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA MAN 2 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 1–11. https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.1-11

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Azwar, S. (1994). Seleksi Aitem Dalam Penyusunan Skala Psikologi. Buletin Psikologi, 2(2), 26-33.
  3. Dipa, A., & Asmadi A. (2015). Pelatihan “PLANS” Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir. Universitas Gadjah Mada: Gadjah Mada Juornal of Professional Psychologi, 1(1), 1-17.
  4. Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika
  5. Nathan, R., & Hill, L. (2012). Konseling Karier. Yogyakarta :Pustaka Belajar.
  6. Ningrum, S.K., & Jati, A. (2013). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Mahasiswa semester akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Empati Fak. Psikologi, 2(4), 456-464.
  7. Santrock. (2009). Psikologi Pendidikan Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika
  8. Sarjono, H., & Julianita, W. (2013). SPSS vs LISREL. Jakarta: Salemba Empat.
  9. Prasetyo, B., & Jannah, L.M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers
  10. Sarwono, S.W., & Meinarno, A.K. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
  11. Siska, S.T. (2015). Hubungan Antara Efikasi diri dengan Motivasi Belajar siswa kelas x SMA negeri 9 Kota Bengkulu. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.
  12. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  13. Sunarto & Hartono, A. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Renika Cipta
  14. Undang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika
  15. Winkel, W.S., & Hastuti, M.M.S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
  16. Yowell, E.B., Andrew, L., & Buzzetta, M.E. (2010). Explaining Career Decision Making Seif Efficacy: Personality,Cognitions, and Cultural Mistrust. The Career Development Quarterly, 59(5), 400-411.
  17. Zuriah, N. (2009). Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara