Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient dengan prokrastinasi akademik siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Kota Bengkulu Kelas X MIPA 2 dan X MIPA 5 yang berjumlah 61 orang. Metode yang digunakan dalam peneltian ini yaitu korelasi kuantitatif untuk melihat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dalam bentuk skala Likert. Teknik analisis data digunakan teknik korelasi product moment. Kesimpulan hasil terdapat hubungan negatif yang signifikan antara Adversity Quotient dengan prokrastinasi akademik siswa. Hal ini dapat diketahui dari nilai koefisien korelasi rxy = - 0.681dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara Adversity Quotient dengan prokrastinasi akademik, artinya semakin tinggi Adversity Quotient semakin rendah prokrastinasi akademik, dan sebaliknya.
Kata kunci: adversity quotient, prokrastinasi akademik
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Burhani, I.I. (2016). Pemaknaan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. http://eprints.ums.ac.id, diunduh 13 Januari 2018.
- Gufron, N dan Rini, R. (2014). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
- Munawaroh, L.M, Said, A, dan Wahyu N.E.S. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Konseling, 2 (1), 26-31.
- Sani, A.R, Isda, P, dan Anies, M. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
- Stoltz, G.P. (2000). Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta : Gramedia Widiasarana.
- Sultoni, M. (2013). Hubungan antara Adersity Quotient dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2013-2014 Di SMP Negeri 1 Lawang. Skripsi. http://etheses.uin-malang.ac.id/1706/, diunduh 27 Desember 2017.
- Surijah, A.E, dan Tjundjing, S. (2007). Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Anima Indonesia Psychological Journal, 22 (4), 352-374.
- Suryani, dan Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.
References
Daftar Pustaka
Burhani, I.I. (2016). Pemaknaan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Semester Akhir Di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. http://eprints.ums.ac.id, diunduh 13 Januari 2018.
Gufron, N dan Rini, R. (2014). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Munawaroh, L.M, Said, A, dan Wahyu N.E.S. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Konseling, 2 (1), 26-31.
Sani, A.R, Isda, P, dan Anies, M. (2015). Penjaminan Mutu Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Stoltz, G.P. (2000). Adversity Quotient (Mengubah Hambatan Menjadi Peluang). Jakarta : Gramedia Widiasarana.
Sultoni, M. (2013). Hubungan antara Adersity Quotient dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas VIII Tahun Ajaran 2013-2014 Di SMP Negeri 1 Lawang. Skripsi. http://etheses.uin-malang.ac.id/1706/, diunduh 27 Desember 2017.
Surijah, A.E, dan Tjundjing, S. (2007). Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Anima Indonesia Psychological Journal, 22 (4), 352-374.
Suryani, dan Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.