Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan perilaku altruistik siswa di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII E yang memiliki tingkat perilaku altruistik rendah dan sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan perilaku altruistik siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test Z = -2.521 p = 0,012 maka p < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan perilaku altruistik siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling.

Kata kunci: perilaku altruistik, layanan konseling kelompok, modelling

Article Details

How to Cite
Yulianti, F., Elita, Y., & Afriyati, V. (2018). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKUALTRUISTIK PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 24–35. https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.24-35

References

  1. Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok. Yogyakarta: Media Akademi.
  2. Asmani, J.M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
  3. Azwar, S. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Erford, B.T. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor.Jakarta:Pustaka Belajar.
  5. Corey, G. (2010). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi.Bandung: Refika Aditama.
  6. Dayakinsin, T,. dan Hudaniah. (2015). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
  7. Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta. Salemba Humanika.
  8. Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  9. Munib, A. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
  10. Nashori, F. (2008). Psikologi Sosial Islam. Bandung: Refika Aditama.
  11. Prayitno,danAmti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Sarwono, S. W. ( 2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
  13. Sugiyono .(2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  14. Susati, A.R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok dengan Strategi Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal BK Universitas Negeri Semarang, 04(1), 437-444.
  15. Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  16. Taylor, A.E., Sears, D.O. & Peplau, L.A. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana.