Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik modelling untuk meningkatkan perilaku altruistik siswa di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII E yang memiliki tingkat perilaku altruistik rendah dan sedang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan perilaku altruistik siswa meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling. Hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test Z = -2.521 p = 0,012 maka p < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan perilaku altruistik siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik modelling.
Kata kunci: perilaku altruistik, layanan konseling kelompok, modelling
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok. Yogyakarta: Media Akademi.
- Asmani, J.M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
- Azwar, S. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Erford, B.T. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor.Jakarta:Pustaka Belajar.
- Corey, G. (2010). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi.Bandung: Refika Aditama.
- Dayakinsin, T,. dan Hudaniah. (2015). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
- Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta. Salemba Humanika.
- Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Munib, A. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
- Nashori, F. (2008). Psikologi Sosial Islam. Bandung: Refika Aditama.
- Prayitno,danAmti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.
- Sarwono, S. W. ( 2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
- Sugiyono .(2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Susati, A.R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok dengan Strategi Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal BK Universitas Negeri Semarang, 04(1), 437-444.
- Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Taylor, A.E., Sears, D.O. & Peplau, L.A. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana.
References
Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok. Yogyakarta: Media Akademi.
Asmani, J.M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Azwar, S. (1999). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Erford, B.T. (2015). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor.Jakarta:Pustaka Belajar.
Corey, G. (2010). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi.Bandung: Refika Aditama.
Dayakinsin, T,. dan Hudaniah. (2015). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta. Salemba Humanika.
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Munib, A. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Nashori, F. (2008). Psikologi Sosial Islam. Bandung: Refika Aditama.
Prayitno,danAmti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.
Sarwono, S. W. ( 2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiyono .(2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susati, A.R. (2013). Penerapan Konseling Kelompok dengan Strategi Modeling Simbolis untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal BK Universitas Negeri Semarang, 04(1), 437-444.
Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taylor, A.E., Sears, D.O. & Peplau, L.A. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana.