Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi pemahaman tugas perkembangan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gamping tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experimental desain dengan jenis one group pre-test post-test desain.  Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA SMA N 1 Gamping yang berjumlah 11 siswa yang dipilih dengan metode purpouse sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis data dengan teknik analisis statistik paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis terbukti bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pemahaman tugas perkembangan pada siswa kelas XI SMA N 1 Gamping tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil uji paired sampel t-tes dilakukan diperoleh nilai t = -3,188 dengna nilai p = 0,010 < 0,05 yang berarti ada peningkatan pemahaman tugas perkembangan siswa antara sebelum dan sesudah diberikan treetmen bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hal tersebut menunjukkan pemberian bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan pemahaman tugas perkembangan siswa.

Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, pemahaman tugas   perkembangan

Article Details

How to Cite
Supendi, H., & Perianto, E. (2018). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TUGAS PERKEMBANGAN SISWA. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 59–67. https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.59-67

References

  1. Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  2. Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Eko Putro Widoyoko. 2018. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Hurlock. Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
  5. Prayitno. 1995. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  6. Prayitno, dan Amti E. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  8. ___________2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XIII. Bandung: Alfabeta.
  10. ___________, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XIV. Bandung: Alfabeta.
  11. Syamsu Yusuf. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  12. ___________. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  13. ___________. 2015. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung. Rizqi Press.
  14. Tatiek Romlah. 2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: UM.
  15. Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sejokah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
  16. Winkel. dan Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institiusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
  17. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2017. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.