Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi pemahaman tugas perkembangan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gamping tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-experimental desain dengan jenis one group pre-test post-test desain. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA SMA N 1 Gamping yang berjumlah 11 siswa yang dipilih dengan metode purpouse sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis data dengan teknik analisis statistik paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis terbukti bahwa layanan bimbingan kelompok teknik diskusi efektif untuk meningkatkan pemahaman tugas perkembangan pada siswa kelas XI SMA N 1 Gamping tahun pelajaran 2017/2018. Dari hasil uji paired sampel t-tes dilakukan diperoleh nilai t = -3,188 dengna nilai p = 0,010 < 0,05 yang berarti ada peningkatan pemahaman tugas perkembangan siswa antara sebelum dan sesudah diberikan treetmen bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Hal tersebut menunjukkan pemberian bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan pemahaman tugas perkembangan siswa.
Kata kunci: bimbingan kelompok, teknik diskusi, pemahaman tugas perkembangan
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- Eko Putro Widoyoko. 2018. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Hurlock. Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Prayitno. 1995. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Prayitno, dan Amti E. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- ___________2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XIII. Bandung: Alfabeta.
- ___________, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XIV. Bandung: Alfabeta.
- Syamsu Yusuf. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- ___________. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- ___________. 2015. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung. Rizqi Press.
- Tatiek Romlah. 2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: UM.
- Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sejokah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
- Winkel. dan Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institiusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
- Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2017. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
References
Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dewa Ketut Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Eko Putro Widoyoko. 2018. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hurlock. Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Prayitno. 1995. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Prayitno, dan Amti E. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
___________2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XIII. Bandung: Alfabeta.
___________, 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. XIV. Bandung: Alfabeta.
Syamsu Yusuf. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
___________. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
___________. 2015. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung. Rizqi Press.
Tatiek Romlah. 2006. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: UM.
Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sejokah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Pers.
Winkel. dan Sri Hastuti. 2013. Bimbingan dan Konseling di Institiusi Pendidikan.Yogyakarta: Media Abadi.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2017. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.