Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuaian diri yang salah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019 sejumlah 171 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 120 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling.Teknik analisis data menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala penyesuaian diri yang salah. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar -0,402 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuaian diri yang salah. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah perilaku penyesuaian diri yang salah.

Kata kunci: korelasional, kecerdasan emosi, perilaku penyesuaian diri yang salah

Article Details

How to Cite
Tania, L. R., Hadiwinarto, H., & Sinthia, R. (2018). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU PENYESUAIAN DIRI YANG SALAH PADA SISWA SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 79–90. https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.79-90

References

  1. Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  3. Goleman, D. (1996). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  4. Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
  5. Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
  6. Uno, H.B. (2006). Orientasi baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar
  7. Karmiana, N. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Asal Lampung. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.
  8. Nadri. (2013). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Maladjustment Pada Siswa SMA Handayani Pekan Baru.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekan Baru.
  9. Ramanda, P & Ramdani. (2016). Upaya Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak
  10. Asuh Usia Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Kopasta. 3(1), 14-22.
  11. Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  12. ¬¬¬Sujarweni dan Poly E. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  13. Sunarto, & Agung H. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.