Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuaian diri yang salah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019 sejumlah 171 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 120 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling.Teknik analisis data menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala penyesuaian diri yang salah. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar -0,402 dengan p=0,000 (p<0,05). Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku penyesuaian diri yang salah. Artinya semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah perilaku penyesuaian diri yang salah.
Kata kunci: korelasional, kecerdasan emosi, perilaku penyesuaian diri yang salah
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Goleman, D. (1996). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
- Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
- Uno, H.B. (2006). Orientasi baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar
- Karmiana, N. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Asal Lampung. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.
- Nadri. (2013). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Maladjustment Pada Siswa SMA Handayani Pekan Baru.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekan Baru.
- Ramanda, P & Ramdani. (2016). Upaya Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak
- Asuh Usia Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Kopasta. 3(1), 14-22.
- Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- ¬¬¬Sujarweni dan Poly E. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Sunarto, & Agung H. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmadi. (2014). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Goleman, D. (1996). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Uno, H.B. (2006). Orientasi baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksar
Karmiana, N. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Asal Lampung. (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi Universitas Muhamadiyah Surakarta, Surakarta.
Nadri. (2013). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Maladjustment Pada Siswa SMA Handayani Pekan Baru.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan Konseling Islam (BKI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekan Baru.
Ramanda, P & Ramdani. (2016). Upaya Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak
Asuh Usia Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Kopasta. 3(1), 14-22.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
¬¬¬Sujarweni dan Poly E. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunarto, & Agung H. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.