Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modeling untuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas di SMP N 13 Kota Bengulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 13 Kota Bengkulu. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan signifikan pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknikmodelinguntuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis dengan hasil nilai uji t 17.054, nilai sig sebesar 0,000 (< 0,005) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik modeling untuk mengurangi kecemasan berbicara siswa di depan kelas.

 

Kata kunci: Layanan Penguasaan Konten, Teknik Modeling, Kecemasan berbicara

Article Details

How to Cite
Safutra, A., Syahriman, S., & Afriyati, V. (2018). PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERBICARA SISWA DI DEPAN KELAS DI SMP N 13 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 91–105. https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.91-105

References

  1. Amalia, U.R. (2017). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Teknik Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa.Indonesian Journal of Guidance and Counseling. Vol.6 No. 3. Universitas Negeri Semarang.
  2. Cangara, H. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  3. Damayanti, R., & Aeni, T. (2016) . Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Mengatasi Perilaku Agresif pada peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 07 Bandar Lampung.Jurnal IAIN Raden Intan Vol. 03 No. 1. IAIN Raden Intan Lampung.
  4. Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  5. Komalasari. G. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta. Indeks.
  6. Prakoso B. P. (2015). Berfikir Positif Untuk Mengatasi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas.JurnalPsikologi UMS. Vol. 3. No. 3. Universitas Muhammadyah Surakarta.
  7. Prayitno. 2004.Layanan L.1-L.9. Fakultas Ilmu Pendidikan : Penerbit Universitas Negeri Padang.
  8. Rahmawati. N. (2014). Penerapan Terapi NLP (Neuro Linguistik Programming) Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Sisiwa Kelas XI SMAN 2 Pare.Jurnal BK UNESA. Vol.04, No 03. Universitas Negeri Surabaya.
  9. Sugiyono. (2009). Statistik untuk Penelitian. Bandung : Penerbit Alfabeta.