Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompokterhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 yang memiliki tingkat kemampuan mengelola emosi rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi pada siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.879 (p<0,05) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.
Kata kunci: bimbingan kelompok, kemampuan mengelola emosi
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ali, M & Ansori, M. (2004). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
- Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Hurlock, E. B. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
- Marselina, S.(2017). Analisis Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Perkembangan Emosi Remaja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(10), 1-12.
- Prayitno, (1995). Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia
- Riaty, B. (2015). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Siswa.JurnalProgram Studi PGSD FIP Unimed, 3(1), 129-137.
- Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sunarto, & Agung H. (2013). Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.
- Tohirin, (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
References
Ali, M & Ansori, M. (2004). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E. B. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Marselina, S.(2017). Analisis Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Perkembangan Emosi Remaja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(10), 1-12.
Prayitno, (1995). Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia
Riaty, B. (2015). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Siswa.JurnalProgram Studi PGSD FIP Unimed, 3(1), 129-137.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunarto, & Agung H. (2013). Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.
Tohirin, (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.