Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompokterhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 yang memiliki tingkat kemampuan mengelola emosi rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi pada siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.879 (p<0,05) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kemampuan mengelola emosi siswa kelas XI SMA Negeri 8 Kota Bengkulu.

Kata kunci: bimbingan kelompok, kemampuan mengelola emosi

Article Details

How to Cite
Purnama, S., Dharmayana, I. W., & Sinthia, R. (2018). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI SISWA KELAS XI DI SMA N 8 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 106–114. https://doi.org/10.33369/consilia.1.3.106-114

References

  1. Ali, M & Ansori, M. (2004). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Goleman, D. (1995). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  3. Hurlock, E. B. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  4. Marselina, S.(2017). Analisis Layanan Bimbingan Kelompok Tentang Perkembangan Emosi Remaja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(10), 1-12.
  5. Prayitno, (1995). Buku Seri Bimbingan dan Konseling di Sekolah Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia
  6. Riaty, B. (2015). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Siswa.JurnalProgram Studi PGSD FIP Unimed, 3(1), 129-137.
  7. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  8. Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  9. Sunarto, & Agung H. (2013). Perkembangan Peserta didik. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.
  11. Tohirin, (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Berbasis Integrasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.