Main Article Content

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 8 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.521adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa  di SMP N 17 Kota Bengkulu.

 

Kata Kunci: komunikasi interpersonal, siswa, bimbingan kelompok

Article Details

How to Cite
Affandi, S., Hadiwinarto, H., & Mishbahuddin, A. (2020). EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP N 17 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 254–261. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.254-261

References

  1. Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
  2. Baraney, Johny dan Anthonius. (2014). ”Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam Meningkatkan Kesuksesan Sparkel Organizer. Vol. III, No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/89824-id-efektivitas-komunikasi-antar-pribadi-dal.pdf.Hal 1-8. Diunduh tanggal 10 januari 2018
  3. Fransiska, Slamat dan Lip. (2017). “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Singkawang Tahun Ajaran 2014/2015. Vol. 2, No. 1. https://jornal.stkipsingkarawang.ac.id. Hal 1-14. Diunduh tanggal 15 januari 2018
  4. Haniy, Yesmansyah dan Shinta. (2013). “Peningkatan Komunikasi Interpersonal dengan Menggunakan Konseling Kelompok. https://jurnal.fkip.unila.ac.id.Hal 1-12. Diunduh tanggal 15 januari 2018
  5. Muslifar, R. (2015). “Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif. Vol. 1, No. 2. https://scholar.google.co.id. Hal 1-62. Diunduh tanggal 20 januari 2018
  6. Pangkep, A. M. (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa. Vol. 1, No. 1. Hal 1-60.
  7. Patriana, E. (2014). “Komunikasi Interpersonal yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Lapas Surakarta. Hal 1-17.
  8. Pontoh, W. P. (2013). “Peran Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Vol. 1, No. 1. Hal 1-11.
  9. Syahrul, M. (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri siswa. Vol. 1, No. 1. Hal 1-60.
  10. Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  11. _________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta