Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 8 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.521adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa di SMP N 17 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: komunikasi interpersonal, siswa, bimbingan kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
- Baraney, Johny dan Anthonius. (2014). ”Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam Meningkatkan Kesuksesan Sparkel Organizer. Vol. III, No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/89824-id-efektivitas-komunikasi-antar-pribadi-dal.pdf.Hal 1-8. Diunduh tanggal 10 januari 2018
- Fransiska, Slamat dan Lip. (2017). “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Singkawang Tahun Ajaran 2014/2015. Vol. 2, No. 1. https://jornal.stkipsingkarawang.ac.id. Hal 1-14. Diunduh tanggal 15 januari 2018
- Haniy, Yesmansyah dan Shinta. (2013). “Peningkatan Komunikasi Interpersonal dengan Menggunakan Konseling Kelompok. https://jurnal.fkip.unila.ac.id.Hal 1-12. Diunduh tanggal 15 januari 2018
- Muslifar, R. (2015). “Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif. Vol. 1, No. 2. https://scholar.google.co.id. Hal 1-62. Diunduh tanggal 20 januari 2018
- Pangkep, A. M. (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa. Vol. 1, No. 1. Hal 1-60.
- Patriana, E. (2014). “Komunikasi Interpersonal yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Lapas Surakarta. Hal 1-17.
- Pontoh, W. P. (2013). “Peran Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Vol. 1, No. 1. Hal 1-11.
- Syahrul, M. (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri siswa. Vol. 1, No. 1. Hal 1-60.
- Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- _________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
References
Asmani, J. M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Baraney, Johny dan Anthonius. (2014). ”Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi dalam Meningkatkan Kesuksesan Sparkel Organizer. Vol. III, No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/89824-id-efektivitas-komunikasi-antar-pribadi-dal.pdf.Hal 1-8. Diunduh tanggal 10 januari 2018
Fransiska, Slamat dan Lip. (2017). “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Singkawang Tahun Ajaran 2014/2015. Vol. 2, No. 1. https://jornal.stkipsingkarawang.ac.id. Hal 1-14. Diunduh tanggal 15 januari 2018
Haniy, Yesmansyah dan Shinta. (2013). “Peningkatan Komunikasi Interpersonal dengan Menggunakan Konseling Kelompok. https://jurnal.fkip.unila.ac.id.Hal 1-12. Diunduh tanggal 15 januari 2018
Muslifar, R. (2015). “Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengembangkan Konsep Diri Positif. Vol. 1, No. 2. https://scholar.google.co.id. Hal 1-62. Diunduh tanggal 20 januari 2018
Pangkep, A. M. (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa. Vol. 1, No. 1. Hal 1-60.
Patriana, E. (2014). “Komunikasi Interpersonal yang Berlangsung Antara Pembimbing Kemasyarakatan dan Keluarga Anak Pelaku Pidana Di Lapas Surakarta. Hal 1-17.
Pontoh, W. P. (2013). “Peran Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. Vol. 1, No. 1. Hal 1-11.
Syahrul, M. (2015). “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuaian Diri siswa. Vol. 1, No. 1. Hal 1-60.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
_________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta