Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Sampel penelitian berjumlah 86 orang siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling dari seluruh kelas VIII. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket regulasi emosi dan angket perilaku memaafkan menggunakan metode skala Likert dengan 4 pilihan jawaban. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan dengan rxy sebesar 0,667, dengan taraf signifikan sebesar p=0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara regulasi emosi dengan perilaku memaafkan.
Kata kunci : regulasi emosi, perilaku memaafkan
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Dayakisni, T & Hudania. (2015). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press.
- Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.
- Gross, J.J. (2002). “Emotion Regulation : Affective, Cognitve, and Social Consequences”. Jurnal Psychophysiology, 39 (2002), 281-291.
- McChullought, M.E., Root, L. M., & Cohen. A.D. (2006). “Writing About the Benefit of an Interpersonal Transgression Facilitates Forgiveness”. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 74(5), 887-897.
- Nashori, F. (2008). Psikologi Sosial Islam. Bandung: Rafika Aditama.
- Paramitasari, R & Alfian, I.N. (2012). “Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan pada Remaja Akhir”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2). 170-182.
- Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya.
- Rasjid, M. (2012). “Hubungan Antara Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Remaja yang Menjadi Siswa Di Boarding School SMA Negeri 10 Samarinda”. Jurnal Psikologi Pendidikan, 1(3), 1-7.
- Sarjono, H & Julianita, W. (2013). SPSS vs LISREl Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
- Sumiati, I & Sandjaja, S.S. (2013). “Hubungan Antara Memaafkan dengan Kematangan Diri Pada Remaja Akhir”. Jurnal NEOTIC Psychology, 3(2), 144-162.
- Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Andi Offset.
References
Daftar Pustaka
Dayakisni, T & Hudania. (2015). Psikologi Sosial. Malang : UMM Press.
Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Gross, J.J. (2002). “Emotion Regulation : Affective, Cognitve, and Social Consequences”. Jurnal Psychophysiology, 39 (2002), 281-291.
McChullought, M.E., Root, L. M., & Cohen. A.D. (2006). “Writing About the Benefit of an Interpersonal Transgression Facilitates Forgiveness”. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 74(5), 887-897.
Nashori, F. (2008). Psikologi Sosial Islam. Bandung: Rafika Aditama.
Paramitasari, R & Alfian, I.N. (2012). “Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaafkan pada Remaja Akhir”. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 1(2). 170-182.
Purwanto, N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Rasjid, M. (2012). “Hubungan Antara Peer Attachment dengan Regulasi Emosi Remaja yang Menjadi Siswa Di Boarding School SMA Negeri 10 Samarinda”. Jurnal Psikologi Pendidikan, 1(3), 1-7.
Sarjono, H & Julianita, W. (2013). SPSS vs LISREl Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Sumiati, I & Sandjaja, S.S. (2013). “Hubungan Antara Memaafkan dengan Kematangan Diri Pada Remaja Akhir”. Jurnal NEOTIC Psychology, 3(2), 144-162.
Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karier). Yogyakarta: Andi Offset.