MENINGKATKAN PENGETAHUAN KEBENCANAAN MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA 3 SMK NEGERI 4 KEPAHIANG

Retno Dwi Djayanti(1), Yessy Elita(2), Vira Afriyati(3),
(1) BK FKIP UNIB, Indonesia
(2) BK FKIP UNIB, Indonesia
(3) BK FKIP UNIB, Indonesia

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pengetahuan kebencanaan melalui layanan penguasaan konten pada siswa di SMK Negeri 4 Kepahiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest design, dengan sampel siswa kelas X Multimedia 3 sebanyak 25 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan kebencanaan setelah diberikan layanan penguasaan konten, dengan nilai t = -11,555 (p< 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pengetahuan kebencanaan melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 4 Kepahiang.

 

Kata kunci : layanan penguasaan konten, pengetahuan kebencanaan

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Ayuningtyas, T.S. (2016). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (Ape) Mitigasi Bencana Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Umbulharjo 2 Cangkringan Sleman dari http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:xGSw9v DucQoJ:eprints.uny.ac.id/40145/1/Tata%2520Swastika%2520Ayuningtyas_11105241009.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id diunduh 24 Maret 2018.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Banendro, S. (2017). Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi & Kebakaran Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, dari www.dishanpan.jatengprov.go.id/files/87932856 bukulatihankesiap siagaanbencana.pdfdiunduh 26 Februari 2018.

Bengkuluekspress.com. (2017). Bengkulu Rawan Bencana, dari http://bengkuluekspress.com/bengkulu-rawan-bencana-potensi-bencana-banyak-di-pemukiman-penduduk/ diunduh 26 Februari 2018.

BNPB. (2017). Potensi Dan Ancaman Bencana. Jakarta.

Desfandi, M. (2014). Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Indonesia, dari www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO FITK/article/viewFile/1261/1127, diunduh 26 Februari 2018.

Hadiwinarto. (2018). Konseling Lintas Budaya Berbasis Sumber Daya Lokal Dan Kebencanaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan.02 (01), 1-16.

Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2004). Seri Kegiatan Pendukung Konseling L.1- L.9. Padang: Universitas Nrgeri Padang.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Keempat). Jakarta: Rineka Cipta.

_. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Sulistyaningsih, W. (2012). Ketangguhan Mental Anak Dalam Menghadapi Bencana, dari https://bnpb.go.id/uploads/migration/pubs/478.pdf 480, diunduh 06 Februari 2018.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Tohirin. (2013). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah.Jakarta : Rajawali Pers

Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33369/cons.2.1.%25p

Article Metrics

 Sari Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CONSILIA indexed by :

  

CONSILIA
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bengkulu
Bengkulu - INDONESIA

email : consilia.fkip@unib.ac.id

<

View My Stats