Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pengetahuan kebencanaan melalui layanan penguasaan konten pada siswa di SMK Negeri 4 Kepahiang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest dan posttest design, dengan sampel siswa kelas X Multimedia 3 sebanyak 25 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan terhadap pengetahuan kebencanaan setelah diberikan layanan penguasaan konten, dengan nilai t = -11,555 (p< 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pengetahuan kebencanaan melalui layanan penguasaan konten pada siswa kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 4 Kepahiang.
Kata kunci : layanan penguasaan konten, pengetahuan kebencanaan
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Ayuningtyas, T.S. (2016). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (Ape) Mitigasi Bencana Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Umbulharjo 2 Cangkringan Sleman dari http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:xGSw9v DucQoJ:eprints.uny.ac.id/40145/1/Tata%2520Swastika%2520Ayuningtyas_11105241009.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id diunduh 24 Maret 2018.
- Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Banendro, S. (2017). Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi & Kebakaran Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, dari www.dishanpan.jatengprov.go.id/files/87932856 bukulatihankesiap siagaanbencana.pdfdiunduh 26 Februari 2018.
- Bengkuluekspress.com. (2017). Bengkulu Rawan Bencana, dari http://bengkuluekspress.com/bengkulu-rawan-bencana-potensi-bencana-banyak-di-pemukiman-penduduk/ diunduh 26 Februari 2018.
- BNPB. (2017). Potensi Dan Ancaman Bencana. Jakarta.
- Desfandi, M. (2014). Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Indonesia, dari www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO FITK/article/viewFile/1261/1127, diunduh 26 Februari 2018.
- Hadiwinarto. (2018). Konseling Lintas Budaya Berbasis Sumber Daya Lokal Dan Kebencanaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan.02 (01), 1-16.
- Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
- Prayitno. (2004). Seri Kegiatan Pendukung Konseling L.1- L.9. Padang: Universitas Nrgeri Padang.
- Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Keempat). Jakarta: Rineka Cipta.
- _. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
- Sulistyaningsih, W. (2012). Ketangguhan Mental Anak Dalam Menghadapi Bencana, dari https://bnpb.go.id/uploads/migration/pubs/478.pdf 480, diunduh 06 Februari 2018.
- Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
- Tohirin. (2013). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah.Jakarta : Rajawali Pers
- Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara
References
Daftar Pustaka
Ayuningtyas, T.S. (2016). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (Ape) Mitigasi Bencana Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Umbulharjo 2 Cangkringan Sleman dari http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:xGSw9v DucQoJ:eprints.uny.ac.id/40145/1/Tata%2520Swastika%2520Ayuningtyas_11105241009.pdf+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl=id diunduh 24 Maret 2018.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Banendro, S. (2017). Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi & Kebakaran Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, dari www.dishanpan.jatengprov.go.id/files/87932856 bukulatihankesiap siagaanbencana.pdfdiunduh 26 Februari 2018.
Bengkuluekspress.com. (2017). Bengkulu Rawan Bencana, dari http://bengkuluekspress.com/bengkulu-rawan-bencana-potensi-bencana-banyak-di-pemukiman-penduduk/ diunduh 26 Februari 2018.
BNPB. (2017). Potensi Dan Ancaman Bencana. Jakarta.
Desfandi, M. (2014). Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal Indonesia, dari www.journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO FITK/article/viewFile/1261/1127, diunduh 26 Februari 2018.
Hadiwinarto. (2018). Konseling Lintas Budaya Berbasis Sumber Daya Lokal Dan Kebencanaan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan.02 (01), 1-16.
Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2004). Seri Kegiatan Pendukung Konseling L.1- L.9. Padang: Universitas Nrgeri Padang.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Edisi Keempat). Jakarta: Rineka Cipta.
_. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sulistyaningsih, W. (2012). Ketangguhan Mental Anak Dalam Menghadapi Bencana, dari https://bnpb.go.id/uploads/migration/pubs/478.pdf 480, diunduh 06 Februari 2018.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta
Tohirin. (2013). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah.Jakarta : Rajawali Pers
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori – Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara