PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP SISWA YANG MENGALAMI STRES DALAM BELAJAR DI SMP NEGERI 1 BENGKULU TENGAH

Repi Handayani(1), Pudji Hartuti(2), Illawaty Sulian(3),
(1) BK FKIP UNIB, Indonesia
(2) BK FKIP UNIB, Indonesia
(3) BK FKIP UNIB, Indonesia

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stres dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian sebanyak 8 orang siswa kelas VII.5 SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap stres belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stres belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok terhadap tingkat stres dalam belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji z yang hasilnya z=-2.524 jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap siswa yang mengalami stres dalam belajar di SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah.

 

Kata kunci : stres belajar, konseling kelompok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Aryani, F. (2016). Stress Belajar. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.

Hadiwinarto. (2010). Penajaman Penilaian Karakter dan Budi Pekerti. Bengkulu: Bahanapro.

Nurkancana, W. (1993).Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional.

Purwanto, M.N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rachma, N.F. (2014). Penerapan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Strategi Coping untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuban. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 04 (03), 1-10.

Rahmi, N. (2013). Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes NAD TA.2011/2012. Jurnal Ilmiah STIKes U’Budiyah, 2(1), 66-76.

Rakhmawati, I., Farida, P., & Nurhalimah. (2014). Sumber Stres Akademik dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan DKI Jakarta. Jurnal Keperawatan, 2 (3), 72-84.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2011).SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taufik & Ifdil.(2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1 (2), 143-150.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Winkel, W.S & Hartuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.33369/cons.2.1.%25p

Article Metrics

 Sari Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CONSILIA indexed by :

  

CONSILIA
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bengkulu
Bengkulu - INDONESIA

email : consilia.fkip@unib.ac.id

<

View My Stats