Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stres dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Sampel penelitian sebanyak 8 orang siswa kelas VII.5 SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap stres belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap siswa yang mengalami stres belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji perbedaan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok terhadap tingkat stres dalam belajar siswa yaitu dengan menggunakan uji z yang hasilnya z=-2.524 jadi p>0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap siswa yang mengalami stres dalam belajar di SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah.
Kata kunci : stres belajar, konseling kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Aryani, F. (2016). Stress Belajar. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
- Hadiwinarto. (2010). Penajaman Penilaian Karakter dan Budi Pekerti. Bengkulu: Bahanapro.
- Nurkancana, W. (1993).Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional.
- Purwanto, M.N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Rachma, N.F. (2014). Penerapan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Strategi Coping untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuban. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 04 (03), 1-10.
- Rahmi, N. (2013). Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes NAD TA.2011/2012. Jurnal Ilmiah STIKes U’Budiyah, 2(1), 66-76.
- Rakhmawati, I., Farida, P., & Nurhalimah. (2014). Sumber Stres Akademik dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan DKI Jakarta. Jurnal Keperawatan, 2 (3), 72-84.
- Sarjono, H., & Julianita, W. (2011).SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
- Sugiyono. (2013). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
- Taufik & Ifdil.(2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1 (2), 143-150.
- Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Winkel, W.S & Hartuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
References
Daftar Pustaka
Aryani, F. (2016). Stress Belajar. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Hadiwinarto. (2010). Penajaman Penilaian Karakter dan Budi Pekerti. Bengkulu: Bahanapro.
Nurkancana, W. (1993).Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional.
Purwanto, M.N. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rachma, N.F. (2014). Penerapan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Strategi Coping untuk Mengurangi Stres Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tuban. Jurnal BK Universitas Negeri Surabaya, 04 (03), 1-10.
Rahmi, N. (2013). Hubungan Tingkat Stres dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Banda Aceh Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes NAD TA.2011/2012. Jurnal Ilmiah STIKes U’Budiyah, 2(1), 66-76.
Rakhmawati, I., Farida, P., & Nurhalimah. (2014). Sumber Stres Akademik dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan DKI Jakarta. Jurnal Keperawatan, 2 (3), 72-84.
Sarjono, H., & Julianita, W. (2011).SPSS vs LISREL Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Metode Peneitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Taufik & Ifdil.(2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1 (2), 143-150.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Winkel, W.S & Hartuti, S. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.