Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling dengan teknik pengelolaan diri untuk mengurangi perilaku pelanggaran disiplin sekolah di kelas VIII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Desain penelitian one group pretest dan posttes design, dengan sampel siswa kelas VIII sebanyak 38 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara layanan konseling kelompok terhadap perilaku pelanggaran disiplin, dengan nilai t = -9,629 (p< 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antaral ayanan konseling kelompok terhadap perilaku pelanggaran disiplin di SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah.
Kata kunci : layanan konseling kelompok, perilaku pelanggaran disiplin
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Amin, S.M. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
- Desmita. (2010).Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung:Remaja Rosdakarya.
- Hikmawati, F. (2014). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Hurlock, B. Elizabeth. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
- Komalasari, G,Wahyuni, E, & Karsih. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Indeks.
- Kurnanto, Edi. M. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
- Redja,M (2010). Pengantar pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok Konseling kelompok. Padang: Fkip.
- Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
- Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:
- Grasindo.
References
Daftar Pustaka
Amin, S.M. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Desmita. (2010).Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung:Remaja Rosdakarya.
Hikmawati, F. (2014). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Hurlock, B. Elizabeth. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Komalasari, G,Wahyuni, E, & Karsih. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Indeks.
Kurnanto, Edi. M. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Redja,M (2010). Pengantar pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok Konseling kelompok. Padang: Fkip.
Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:
Grasindo.