Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling dengan teknik pengelolaan diri untuk mengurangi perilaku pelanggaran disiplin sekolah di kelas VIII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Desain penelitian one group pretest dan posttes design, dengan sampel siswa kelas VIII sebanyak 38 orang siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara layanan konseling kelompok terhadap perilaku pelanggaran disiplin, dengan nilai t = -9,629 (p< 0.05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antaral ayanan konseling kelompok terhadap perilaku pelanggaran disiplin di SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah.

Kata kunci : layanan konseling kelompok, perilaku pelanggaran disiplin

Article Details

How to Cite
Lisnawati, N., Wasidi, W., & Afriyati, V. (2019). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI UNTUK MENGURANGI PERILAKU PELANGGARAN DISIPLIN SEKOLAH DI KELAS VIII SMP NEGERI 14 BENGKULU TENGAH. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/consilia.2.1.48-55

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Amin, S.M. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
  3. Desmita. (2010).Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung:Remaja Rosdakarya.
  4. Hikmawati, F. (2014). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
  5. Hurlock, B. Elizabeth. (1980). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
  6. Komalasari, G,Wahyuni, E, & Karsih. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta Barat: Indeks.
  7. Kurnanto, Edi. M. (2014). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.
  8. Redja,M (2010). Pengantar pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  9. Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok Konseling kelompok. Padang: Fkip.
  10. Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Aksara.
  11. Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:
  12. Grasindo.