Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan dessain penelitian One group pre-test dan post-testdesign. Subjek penelitian ini adalah 10 Orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan uji analisis data menggunakan Uji-z. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu. Hal ini dilihat dari meanpre-test = 69 dan mean post-test = 94 dengan nilai z = -2,805dan p < 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.

 

Kata kunci : keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu dan layanan bimbingan  kelompok

Article Details

How to Cite
Anggraini, D. C., Hadiwinarto, H., & Sholihah, A. (2019). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KETERLIBATAN AKADEMIK PADA SISWA YATIM ATAU PIATU DI SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.33369/consilia.2.1.56-65

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Asmani, J. M. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Diva Press.
  3. Ayandi, I. A. (2016). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Manajemen Diri Terhadap Keterlibatan Akademik Pada Siswa. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.
  4. Dharmayana, I.W., Masrun., Amitya, K., & Yapsir, G. W. (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediaotor Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi UGM, Yogyakarta. 39. (1). 76-94.
  5. Fredericks, J. A., Blumenfeld, P.,& Paris, A. (2004).School Engagements: Potential of the Concept, State of evidence. Review of Educational Research. 74. (1). 59-109.
  6. Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
  7. Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Noorkasiani., Paula, K., & Mamah, S. (2009). Sosiologi Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.
  9. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
  10. Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitiaan. Bandung: Alfabeta.
  11. Sukardi., Dewa, K., & Kusmawati, N. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  13. Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.