Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan dessain penelitian One group pre-test dan post-testdesign. Subjek penelitian ini adalah 10 Orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan uji analisis data menggunakan Uji-z. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu. Hal ini dilihat dari meanpre-test = 69 dan mean post-test = 94 dengan nilai z = -2,805dan p < 0,05. Artinya ada perbedaan yang signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.
Kata kunci : keterlibatan akademik pada siswa yatim atau piatu dan layanan bimbingan kelompok
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Asmani, J. M. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Diva Press.
- Ayandi, I. A. (2016). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Manajemen Diri Terhadap Keterlibatan Akademik Pada Siswa. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.
- Dharmayana, I.W., Masrun., Amitya, K., & Yapsir, G. W. (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediaotor Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi UGM, Yogyakarta. 39. (1). 76-94.
- Fredericks, J. A., Blumenfeld, P.,& Paris, A. (2004).School Engagements: Potential of the Concept, State of evidence. Review of Educational Research. 74. (1). 59-109.
- Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
- Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Noorkasiani., Paula, K., & Mamah, S. (2009). Sosiologi Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.
- Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
- Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitiaan. Bandung: Alfabeta.
- Sukardi., Dewa, K., & Kusmawati, N. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
- Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
References
Daftar Pustaka
Asmani, J. M. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Diva Press.
Ayandi, I. A. (2016). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Manajemen Diri Terhadap Keterlibatan Akademik Pada Siswa. (Skripsi tidak dipublikasikan). Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Dharmayana, I.W., Masrun., Amitya, K., & Yapsir, G. W. (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediaotor Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi UGM, Yogyakarta. 39. (1). 76-94.
Fredericks, J. A., Blumenfeld, P.,& Paris, A. (2004).School Engagements: Potential of the Concept, State of evidence. Review of Educational Research. 74. (1). 59-109.
Gerungan. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Kartono, K. (2014). Patologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Noorkasiani., Paula, K., & Mamah, S. (2009). Sosiologi Kebidanan. Jakarta: Trans Info Media.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitiaan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi., Dewa, K., & Kusmawati, N. (2008). Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.