Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying pada siswa kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 64 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas X. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecerdasan emosi dan kuesioner perilaku bullying. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying dengan rxy sebesar -0,463, (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying, artinya semakin tinggi kecerdasan emosi semakin rendah perilaku bullying, dan sebaliknya.
Kata kunci : kecerdasan emosi, perilaku bullying
Article Details
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Daftar Pustaka
- Afdi, D H. (2017). Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xi IPS di SMA 3 Seluma. Skripsi FKIP Bimbingan Konseling Universitas Bengkulu.
- Afriana. D. (2013). Upaya Mengurangi perilaku Bullying di Sekolah dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Skripsi FKIP Bimbingan Konseling Universitas islam negeri Yogyakarta
- Basyirudin, F. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Bullying para santri Madrasyah Aliyah Pondok Pesantren Ass’adah Serang Banten. Skripsi Fakultas Psikologi Jakarta: Univesitas Islam Negeri Jakarta.
- Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
- Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence. Jakarta: Pustaka Utama.
- Putri, S, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang. Skripsi Fakultas Ekonomi universitas Negeri Semarang.
- Rahmawati, R A .(2013). Hubungan antara Kecerdasaan Emosional dan Perilaku Bullying pada siswa-siswi kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) SMK Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
- Sarjono. (2013). SPSS VS LISREL : Sebuah Pengantar. Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Penerbit Selemba Empat.
- Septriani, M A. (2009). Hubungan Tindakan Bullying di Sekolah dengan
- Self Esteem Siswa. Jurnal Psikologi, Vol.03, No. 02. Universitas Gunadarma Bekasi.
- Wiyani, N A. (2013). School Bullying. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
- Yunani, A. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
- Yuniarti, F. (2009). Hubungan antara Pola Asuh dan Tipe Kepribadian dengan perilaku Bullying di Sekolah Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 21, No. 01. Universitas Negeri Malang.
References
Daftar Pustaka
Afdi, D H. (2017). Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xi IPS di SMA 3 Seluma. Skripsi FKIP Bimbingan Konseling Universitas Bengkulu.
Afriana. D. (2013). Upaya Mengurangi perilaku Bullying di Sekolah dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Skripsi FKIP Bimbingan Konseling Universitas islam negeri Yogyakarta
Basyirudin, F. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Bullying para santri Madrasyah Aliyah Pondok Pesantren Ass’adah Serang Banten. Skripsi Fakultas Psikologi Jakarta: Univesitas Islam Negeri Jakarta.
Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta
Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence. Jakarta: Pustaka Utama.
Putri, S, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang. Skripsi Fakultas Ekonomi universitas Negeri Semarang.
Rahmawati, R A .(2013). Hubungan antara Kecerdasaan Emosional dan Perilaku Bullying pada siswa-siswi kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) SMK Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Sarjono. (2013). SPSS VS LISREL : Sebuah Pengantar. Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Penerbit Selemba Empat.
Septriani, M A. (2009). Hubungan Tindakan Bullying di Sekolah dengan
Self Esteem Siswa. Jurnal Psikologi, Vol.03, No. 02. Universitas Gunadarma Bekasi.
Wiyani, N A. (2013). School Bullying. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Yunani, A. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Yuniarti, F. (2009). Hubungan antara Pola Asuh dan Tipe Kepribadian dengan perilaku Bullying di Sekolah Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 21, No. 01. Universitas Negeri Malang.