HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN PERILAKU BULLYING

Arif Budi Nugraha(1), I Wayan Dharmayana(2), Rita Sinthia(3),
(1) BK FKIP UNIB, Indonesia
(2) BK FKIP UNIB, Indonesia
(3) BK FKIP UNIB, Indonesia

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying pada siswa kelas X Tata Boga di SMK Negeri 3 kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 64 orang siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dari seluruh kelas X. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecerdasan emosi dan kuesioner perilaku bullying. Data dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying dengan rxy sebesar -0,463, (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying, artinya semakin tinggi kecerdasan emosi semakin rendah perilaku bullying, dan sebaliknya.

 

Kata kunci : kecerdasan emosi, perilaku bullying


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Afdi, D H. (2017). Hubungan antara Penalaran Moral dengan Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Xi IPS di SMA 3 Seluma. Skripsi FKIP Bimbingan Konseling Universitas Bengkulu.

Afriana. D. (2013). Upaya Mengurangi perilaku Bullying di Sekolah dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok. Skripsi FKIP Bimbingan Konseling Universitas islam negeri Yogyakarta

Basyirudin, F. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Bullying para santri Madrasyah Aliyah Pondok Pesantren Ass’adah Serang Banten. Skripsi Fakultas Psikologi Jakarta: Univesitas Islam Negeri Jakarta.

Darmadi, H. (2014). Metode penelitian pendidikan dan sosial. Bandung: Alfabeta

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence. Jakarta: Pustaka Utama.

Putri, S, F. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosi dan Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Magelang. Skripsi Fakultas Ekonomi universitas Negeri Semarang.

Rahmawati, R A .(2013). Hubungan antara Kecerdasaan Emosional dan Perilaku Bullying pada siswa-siswi kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran (AP) SMK Negeri 7 Yogyakarta. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sarjono. (2013). SPSS VS LISREL : Sebuah Pengantar. Aplikasi untuk Riset. Jakarta : Penerbit Selemba Empat.

Septriani, M A. (2009). Hubungan Tindakan Bullying di Sekolah dengan

Self Esteem Siswa. Jurnal Psikologi, Vol.03, No. 02. Universitas Gunadarma Bekasi.

Wiyani, N A. (2013). School Bullying. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Yunani, A. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Yuniarti, F. (2009). Hubungan antara Pola Asuh dan Tipe Kepribadian dengan perilaku Bullying di Sekolah Pada Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 21, No. 01. Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.33369/cons.2.1.%25p

Article Metrics

 Sari Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


CONSILIA indexed by :

  

CONSILIA
Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Bengkulu
Bengkulu - INDONESIA

email : consilia.fkip@unib.ac.id

<

View My Stats