Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test  post-test design. Sampel penelitian ini sebanyak 8 orang siswa dari XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa. Hasil dari perhitungan uji Wilcoxon dengan nilai Z -2,524 dengan taraf signifikansi 0,012 < 0,05. Artinya, terdapat pengaruh layanan konseling kelompok terhadap interaksi sosial siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.

 

Kata kunci : interaksi sosial siswa, konseling kelompok

Article Details

How to Cite
Sari, I. P., Hartuti, P., & Sulian, I. (2019). PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 75–82. https://doi.org/10.33369/consilia.2.1.75-82

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Novianti, N. (2017). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
  3. Pratiwi, I. (2015). Peningkatan Interaksi Sosial Dengan Menggunakan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015.(Skripsi tidak dipublikasikan). Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Lampung.
  4. Prayitno. (2004). L.1-L.9 Seri Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: UNP Padang.
  5. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Padang: Ghalia Indonesia.
  6. Riansyah, H. (2017). Layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan interaksi sosial siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 1(1), 47-52.
  7. Soekanto. (2010). Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  8. Sugiyono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
  9. Sukardi, K. D. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Suryana. (2003). Pedoman Praktis. Jakarta: Selemba Empat.
  11. Walgito, B. (1999). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi.